Sukses

Debat Perdana Prabowo Vs Jokowi Live Streaming di Liputan6.com

Saksikan debat perdana capres-cawapres yang disiarkan langsung di antaranya oleh SCTV dan Indosiar, serta live streaming di Liputan6.com.

Oleh: Moch Harun Syah, Edward Panggabean, Oscar Ferri, dan Taufiqurrohman Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap menggelar debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2014 di Balai Sarbini, Jakarta pada Senin (9/6/2014) malam. Rangkaian acara yang dijadwalkan sebanyak 5 kali ini akan diawali debat pasangan capres bertema `Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum`.

Komposisi debat capres-cawapres mengalami perubahan. KPU semula menjadwalkan debat pasangan capres-cawapres dihelat 1 kali. Sedangkan debat capres 2 kali dan debat cawapres sebanyak 2 kali.

Hanya saja atas permintaan dan diskusi dengan tim kampanye kedua pasangan calon diputuskan komposisi menjadi debat pasangan, debat capres 2 kali, debat cawapres, dan diakhiri debat pasangan capres-cawapres.

Debat dengan tema `Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum` itu akan dipimpin Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada Zainal Arifin Mochtar, Zainal Arifin Mochtar.

Debat dengan durasi dua jam itu akan dimulai pukul 20.00 WIB, disiarkan SCTV, Indosiar dan Berita Satu.

Sedangkan debat capres kedua 15 Juni bertema `Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial` disiarkan Metro TV dan Bloomberg.

Untuk debat berikut digelar 22 Juni (Capres): `Politik Internal dan Ketahanan Nasional` (Disiarkan TV One dan ANTV). Dan keempat, debat capres diadakan 29 Juni (Cawapres): `Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK` (Disiarkan RCTI, MNCTV dan Global TV).

Terakhir, debat akan diadakan 5 Juli (Capres dan Cawapres): `Pangan, Energi, Lingkungan` (Disiarkan TVRI dan Kompas TV).

Kesiapan Capres-Cawapres

Capres Joko Widodo atau Jokowi mengaku siap mengikuti debat perdana capres-cawapres. Untuk menghadapi tahapan pemilu ini, mantan Walikota Solo yang tadinya tengah beristirahat di rumahnya di Jalan Sawo Nomor 32, Menteng, keluar rumah untuk bertemu tiga pengamat politik.

"Hanya bikin persiapan besok (Senin)," kata Jokowi, di Menteng, Minggu 8 Juni 2014. Ketiga pengamat tersebut adalah Andrinof Chaniago, Ari Dwipayana dan Sukardi Rinakit. Mereka bertemu di Jalan Sukabumi nomor 3A, Menteng, Jakarta Pusat. Ketiga pengamat tersebut, ujar Jokowi, ikut merancang materi yang akan dipaparkan di muka publik.

Jokowi pun punya resep khusus, yakni temulawak dan tidur pulas. Dengan modal itu, Gubernur DKI Jakarta nonaktif ini tak gentar menantang Prabowo-Hatta dalam debat perdana tersebut.

"Persiapan besok (Senin), tidur. (Jamunya) ya, temulawak," kata Jokowi usai tahlilan 1 tahun Taufiq Kiemas di kediaman Megawati Soekarno Soekarnoputri, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

Sementara pasangan Jokowi, cawapres Jusuf Kalla mengaku tak ada persiapan khusus jelang debat perdana tersebut. "Debat kan hanya menjawab pertanyaan," singkat politisi yang akrab disapa dengan panggilan JK, usai menghadiri malam peringatan 1 tahun wafatnya Taufiq Kiemas di Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu malam 8 Juni 2014.

Ia pun mengaku siap menantang panelis maupun rival politiknya dalam debat tersebut. Tapi, JK merahasiakan strategi yang akan disampaikan dalam debat nanti.

"Persiapan, biasa saja. Kok takut. Nggak ada strategi, masa strategi diomongin," ungkap JK yang pernah menjabat wapres periode 2004-2009.

Prabowo Subianto pun siap menghadapi debat perdana. Menurut Mahfud MD selaku Ketua Tim Pemenangan Nasional pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Prabowo-Hatta, Prabowo siap menghadapi debat capres yang diadakan KPU. Menurutnya, Prabowo biasa berdebat dengan siapa pun.

"Prabowo menghadapi debat capres itu biasa-biasa saja karena dia sudah biasa berdebat," kata Mahfud di markas tim pemenangan Prabowo-Hatta di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Minggu 8 Juni 2014.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengatakan, Prabowo juga tidak latihan untuk menghadapi debat tersebut. Bahkan, dia menjanjikan Prabowo bersama Hatta Rajasa akan langsung menantang Jokowi dan Jusuf Kalla dalam debat sesi pertama tersebut.

Seperti halnya pasangannya, cawapres Hatta Rajasa mengaku sudah mempersiapkan debat cawapres yang sudah diagendakan KPU. Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini akan berdebat dengan cawapres nomor urut 2 Jusuf Kalla.

"Insya Allah siap, Insya Allah," kata Hatta di rest area Jalan Tol Serang, Banten, Kamis 5 Juni 2014.

Bahkan saat ditanya apakah siap melawan debat dengan JK yang tak lain adalah pesaingnya dalam Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014, ia mengaku tidak merasa grogi sama sekali meskipun JK pernah menjadi Wakil Presiden periode 2004-2009. "Siap, sangat siap," tandas Hatta.

Nah, seperti apa serunya, saksikan debat perdana capres-cawapres yang disiarkan langsung di antaranya oleh SCTV dan Indosiar pada Senin malam pukul 20.00 WIB. Saksikan pula live streaming di www.liputan6.com mulai pukul 19.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini