Sukses

JK: Debat Capres Nggak Ada Strategi, Biasa Saja

"Debat kan hanya menjawab pertanyaan," singkat Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku tak ada persiapan khusus jelang debat capres dan cawapres yang rencananya digelar di Balai Sarbini, Senin 9 Mei 2014 besok. Ia pun terkesan 'meremehkan' debat yang diselengarakan KPU.

"Debat kan hanya menjawab pertanyaan," singkat Jusuf Kalla usai menghadiri malam peringatan 1 tahun wafatnya Taufiq Kiemas di Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Minggu (8/7/2014) malam.

Ia pun mengaku siap menantang panelis maupun rival politiknya dalam debat tersebut. JK merahasiakan strategi yang akan disampaikan dalam debat nanti.

"Persiapan, biasa saja. Kok takut. Nggak ada strategi, masa strategi diomongin," ungkap dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat perdana calon presiden dan wakil presiden 2014 pada Senin (9/6). Rangkaian debat yang dijadwalkan sebanyak lima kali, akan diawali dengan debat pasangan capres dengan tema 'Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum'.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyatakan, komposisi debat tersebut memang mengalami perubahan. Mulanya KPU menjadwalkan debat pasangan capres-cawapres dilakukan satu kali. Sementara debat capres dua kali, dan debat cawapres sebanyak dua kali.

Namun, atas permintaan dan diskusi dengan tim kampanye kedua pasangan calon diputuskan komposisi menjadi debat pasangan, debat capres dua kali, debat cawapres, dan diakhiri debat pasangan capres-cawapres.

Debat dengan tema 'Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum' itu akan dipimpin Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada Zainal Arifin Mochtar, Zainal Arifin Mochtar. Debat dengan durasi dua jam itu akan dimulai pukul 18.30 WIB.

Jadwal debat capres pertama bertemakan Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih dan Kepastian Hukum (Disiarkan SCTV, Indosiar dan Berita Satu). Sedangkan debat capres kedua 15 Juni (Capres) yang bertema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial (Disiarkan Metro TV dan Bloomberg).

Untuk debat berikut digelar 22 Juni (Capres): Politik Internal dan Ketahanan Nasional (Disiarkan TV One dan ANTV). Dan keempat, debat capres diadakan 29 Juni (Cawapres): Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK (Disiarkan RCTI, MNCTV dan Global TV);

Terakhir, debat akan diadakan 5 Juli (Capres dan Cawapres): Pangan, Energi, Lingkungan (Disiarkan TVRI dan Kompas TV).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.