Sukses

Prabowo Siap Hadapi Debat, Mahfud: Dia Sangat Menguasai Materi

Mahfud menjanjikan Prabowo bersama Hatta Rajasa akan langsung menantang Jokowi dan Jusuf Kalla dalam debat sesi pertama besok.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Tim Pemenangan Nasional pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta), Mahfud MD mengatakan Prabowo siap menghadapi debat capres yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin besok. Menurutnya, Prabowo biasa berdebat dengan siapapun.

"Prabowo menghadapi debat capres itu biasa-biasa saja karena dia sudah biasa berdebat," kata Mahfud di markas tim pemenangan Prabowo-Hatta di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Minggu (8/6/2014).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengatakan, Prabowo juga tidak latihan untuk menghadapi debat tersebut. Bahkan, dia menjanjikan Prabowo bersama Hatta Rajasa akan langsung menantang Jokowi dan Jusuf Kalla dalam debat sesi pertama tersebut.

"Karena kalau berdebat dengan latihan dan didikte dulu itu seperti sandiwara akhirnya. Kami tidak mengkarantina diri untuk latihan, karena besok langsung akan dilepas ke arena tanpa latihan dan tanpa didikte," katanya.

Mahfud menjelaskan, Prabowo memiliki kelebihan dibanding lawannya nanti. Kelebihan itu, lanjut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, bukan terletak pada rumusan verbal untuk berdebat.

"Kalau rumusan verbal itu bisa dibuat oleh orang lain. Kelebihan Prabowo itu menguasai materinya, termasuk ke uraian-uraian kecilnya, pada ranting-ranting uraian. Itu kelebihannya," kata Mahfud.

Karena itu dia yakin Prabowo akan memberikan penampilan terbaiknya saat berhadapan dengan Jokowi. "Bagaimana mengekspresikan, mengelaborasi, nantinya itu akan terlihat di situ siapa yang menguasai, siapa yang tidak," ujar Mahfud.

KPU menjadwalkan debat capres-cawapres dalam 2 sesi dengan 2 tema yang berbeda di Balai Sarbini, Jakarta. Pada sesi pertama, Senin 9 Juni, Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK akan beradu debat untuk membahas pembangunan demokrasi, pemerintahan yang bersih dan kepastian hukum. Stasiun televisi SCTV, Indosiar dan Berita Satu akan menyiarkan secara langsung debat sesi pertama tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.