Sukses

Pejabat Negara Jadi Jurkam, KPU: Wajib Cuti

Ferry menjelaskan, setiap pejabat negara yang ingin menjadi jurkam wajib menyerahkan surat cuti dari jabatannya.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan hingga saat ini tercatat sudah ada 3 pejabat negara yang mengirimkan surat izin cuti menjadi juru kampanye partai-nya. Ke-3 orang yang telah menyerahkan surat izin cuti adalah adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan Menteri Pertanian Suswono.

"Kalau yang mengajukan cuti 3 orang," ujar Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/3/2014).

Ferry menjelaskan, setiap pejabat negara yang ingin menjadi jurkam wajib menyerahkan surat cuti dari jabatannya. Selain itu, para jurkam yang berasal dari pejabat negara dilarang keras menggunakan fasilitas pemerintah dalam berkampanye.

"Pejabat negara dari mulai Presiden sampai Bupati, Walikota, kalau melakukan kampanye, dia harus cuti dan dia harus melepaskan fasilitas negaranya," jelas Ferry.

Presiden SBY menyerahkan izin cuti guna menjadi juru kampanye pada Senin 17 Maret 2014 di Dapil Jawa Tengah VI meliputi Kota Magelang dan Kabupaten Magelang. Sedangkan pada Selasa 18 Maret 2014, di Dapil Jawa Timur VI meliputi Tulung Agung dan Kabupaten Blitar.

Sementara itu Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengajukan izin cuti ke Presiden RI untuk tanggal 28 Februari, 14, 20, 21, 27, 28 Maret, 3 dan 4 April 2014.

Sedangkan Menteri Pertanian, Suswono mengajukan izin cuti pada Presiden RI untuk menjadi juru kampanye pada 14, 17, 21, 24 Maret, dan 4 April 2014. Suswono akan berkampanye di Kabupaten Pekalongan, Batang, Pemalang Jawa Tengah.

Baca juga:

SBY Cuti Kampanye, Rizal Ramli: Sangat Tidak Pas

Cuti 2 Hari, Ini 2 Dapil Kampanye SBY

Presiden SBY Belum Cuti Kampanye, 4 Menterinya Sudah Mengajukan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini