Sukses

Pemekaran Komisi DPR Dinilai Tambah Kekuasaan Koalisi Merah Putih

Meski ide pemekaran komisi DPR bukan ide baru, Formappi menganggap ide ini hanya untuk kepentingan Koalisi Merah Putih semata.

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Merah Putih (KMP) mewacanakan memperbanyak komisi-komisi di DPR. Sebab, komisi yang memiliki mitra kerja banyak dianggap perlu untuk dimekarkan.

Namun, ide pemekaran komisi ini dianggap sebagai usaha Koalisi Merah Putih untuk menambah kekuasaan di DPR. Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Forum Masyarakar Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang.

Meski ide pemekaran komisi DPR bukan ide baru, Salang menganggap ide ini hanya untuk kepentingan KMP semata. "Kalau mereka sekarang memekarkan komisi seolah ini KMP berusaha menambah kekuasaan sebanyak mungkin di DPR," kata Salang di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (11/10/2014).

Untuk itu, Salang meminta kepada pimpinan DPR untuk mengkaji lebih dalam mengenai ide pemekaran komisi di DPR. Sebab, saat ini landasan untuk pemekaran komisi dianggap masih lemah.

"Takutnya nanti keputusan yang mereka ambil itu bukan untuk mendorong kinerja DPR lebih baik. Tapi justru membuat DPR makin kacau," ucap Salang.

Salang berpendapat, daripada berwacana dengan ide pemekaran komisi, sebaiknya para pimpinan DPR memfokuskan bagaimana mereformasi kelembagaan yang DPR itu sendiri. Sehingga nantinya dapat diandalkan untuk mendukung kinerja DPR lebih baik.

"Ketimbang mereka buru-buru berbicara mengenai pemekaran komisi atau menambah sub komisi, itu adalah pemikiran yang tergesa-gesa, tapi bukan tidak boleh," tutup Salang. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.