Sukses

Formappi: Partai di Koalisi Merah Putih, Partai Lapar

Kekompakan Koalisi Merah Putih dinilai tidak akan bertahan lama jika seluruh proses pembentukan kabinet telah selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Merah Putih (KMP) yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa masih solid. Kondisi ini dinilai tidak akan bertahan lama jika seluruh proses pembentukan kabinet telah selesai.

"Selama 'kue' yang besar itu belum habis dibagi, KMP akan berjuang untuk mendapatkan 'kue' itu. Kalau 'kue' itu sudah habis, KMP bubar," ujar Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (11/10/2014).

Salang mengatakan, berdasarkan pengalaman dari tahun ke tahun, partai politik di Indonesia cenderung berbeda sikap dan meninggalkan koalisi awalnya jika dibenturkan dengan adanya pembahasan anggaran di DPR.

"Karena partai-partai dalam KMP ini partai lapar. Sejarahnya, partai-partai lapar ini akan luluh jika dihadapkan dengan pembahasan anggaran untuk pemerintah," ucap Salang.

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan dengan Ketua DPR Setya Novanto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD Irman Gusman di Hotel Hermitage, Menteng, Jakarta, Jumat 10 September 2014 malam.

Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Hasto Kristiyanto menyatakan, pertemuan itu adalah gerakan cepat Jokowi melakukan konsolidasi pemerintahan negara.

Usai pertemuan, Setya Novanto yang merupakan politisi Partai Golkar ini enggan membeberkan mengenai isi pertemuan selama 2 jam itu, yang diduga membicarakan ihwal tawaran masuk kabinet.

"Rahasia dong," ujar Setya Novanto usai pertemuan.

Setya Novanto menjelaskan, saat ini Koalisi Merah Putih sudah tidak memikirkan jabatan menteri yang akan menjalankan program kerja pemerintahan Jokowi-JK. Apapun yang diambil Jokowi merupakan hak prerogatifnya sebagai presiden. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.