Sukses

Pengamat: Kesolidan KMP Hanya Sebentar

Kekuatan KMP dinilai tak lepas dari faktor kekalahan dalam Pilpres 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Sampai kini, Koalisi Merah Putih (KMP) masih solid di parlemen. Tapi, tanda-tanda perpecahan itu sudah terlihat saat PPP memutuskan pindah ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dalam pemilihan Ketua MPR.

Pengamat Parlemen, Sebastian Salang mengatakan, solidnya KMP sampai saat ini lebih disebabkan banyaknya kursi yang masih bisa dibagi ke parpol koalisi. Setelah posisi itu habis, selesai pula soliditas itu.

"Selama peluang kekuasaan masih bisa dibagi, mereka solid dan zalim. Kalau sudah habis pasti ribut sendiri," kata Sebastian saat diskusi publik yang diselenggarakan Formappi di Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Dia menjelaskan, saat ini tidak bisa dipungkiri kekuatan KMP di parlemen masih sangat kuat. Hal ini tidak lepas dari faktor kekalahan dalam Pilpres 2014. Sebastian menilai hal itu sudah sangat wajar dalam politik.

"Kalau habis, mereka mungkin main mata dengan yang lain. Solid KMP ini sebentar saja," lanjut Dia.

Sebastian menuturkan, apa yang dipertontonkan belakangan ini kepada masyarakat memang menunjukan begitu superior KMP di parlemen. Masyarakat tidak perlu takut dan khawatir, anggap saja apa yang terjadi merupakan peringatan, sikap politisi memang seperti itu.

"Anggap saja ini pemanasan bagi masyarakat dan warning, ini lho kalau politisi kalah pasti melakukan segala cara," tutup Sebastian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini