Sukses

Koalisi Merah Putih Bakal Selidiki Kasus Jokowi, PDIP Tak Peduli

Partai Gerindra sebagai bagian dari Koalisi Merah Putih berencana menyelidiki kasus-kasus yang melibatkan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra sebagai bagian dari Koalisi Merah Putih (KMP) berencana menyelidiki kasus-kasus yang selama ini diduga melibatkan presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo. Lalu apa respons Koalisi Indonesia Hebat pengusung Jokowi-JK?

"Nggak perlu ditanggapi," kata politisi PDIP Effendi Simbolon kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (9/10/2014).

"Tak perlu harus larut dalam emosi untuk menghadapi pernyataan di luar parlemen. Biasa saja," tutur dia.

PDIP, kata Effendi, akan menghargai kritik apapun terhadap pemerintahan Jokowi-JK. "Sepanjang sifatnya mengkritisi, (PDIP) akan menghargai. Sekalipun kritiknya keras, konstruktif, kita akan menghargai. Itu hak setiap warga," ujar dia.

Karena itu, sambung Effendi, PDIP dan Koalisi Indonesia Hebat tak perlu emosi menghadapi kritika-kritikan semacam itu. Dia pun mempersilakan pihak-pihak yang ingin mengusut kasus-kasus terkait Jokowi ke jalur hukum.

"Kan ada jalur hukum yang sudah berjalan, untuk dugaan-dugaan seperti itu," tandas Effendi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo. Menurut adik Prabowo itu, Jokowi diduga terlibat dalam 2 kasus besar.

Yakni, pengadaan bus Transjakarta dan dugaan penyimpangan dalam anggaran pendidikan Kota Solo saat Jokowi menjabat walikota.

Kini pengawasan terhadap pemerintahan Jokowi-JK akan semakin kuat. Apalagi dengan dikuasainya parlemen oleh Koalisi Merah Putih. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini