Sukses

Hashim Djojohadikusumo: Kami Akan Selidiki dan Hambat Jokowi

Koalisi Merah Putih berencana menyelidiki kasus-kasus yang selama ini diduga melibatkan Jokowi dan menghambat pemerintahannya.

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Merah Putih (KMP) pendukung Prabowo Subianto kini telah menguasai parlemen. Sebagai oposisi, koalisi yang kalah dalam Pilpres 2014 itu berencana menyelidiki kasus-kasus yang selama ini diduga melibatkan Presiden terpilih Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo. Menurut adik Prabowo itu, Jokowi diduga terlibat dalam 2 kasus besar.

"Kami akan menggunakan kekuatan untuk menyelidiki (kasus-kasus Jokowi) dan menghambat (program pemerintahan Jokowi)," kata Hashim kepada Reuters di Jakarta, seperti dikutip pada Kamis (9/10/2014).

Kasus-kasus yang akan diselidiki Koalisi Merah Putih, ungkap Hashim, yakni dugaan korupsi pengadaan bus Transjakarta buatan China senilai Rp 1,5 triliun oleh Pemprov DKI Jakarta. Kasus tersebut kini tengah diselidiki Kejaksaan Agung.

Selain itu, Koalisi Merah Putih juga akan menyelidiki dugaan penyimpangan dalam anggaran pendidikan Kota Solo saat Jokowi menjabat walikota.

Dengan dikuasainya parlemen oleh Koalisi Merah Putih, pengawasan terhadap pemerintahan Jokowi-JK akan semakin ketat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.