Sukses

Kalah di MPR, Koalisi Indonesia Hebat Dinilai Lemah Berpolitik

Menurut Ketua Setara Institute, Hendardi, KIH juga bernafsu untuk berkuasa di MPR seperti KMP.

Liputan6.com, Jakarta Setelah kursi Pimpinan DPR, Koalisi Merah Putih (KMP) juga memenangkan kursi pemimpin MPR. Meski mendapat dukungan dari PPP yang membelot dari KMP, Koalisi Indonesia Hebat (KIH) gagal.

Terkait hal itu, Ketua Setara Institute, Hendardi mengatakan kembali kekalahan KIH dalam pemilihan MPR menunjukkan rendahnya kualitas berpolitik para parpol yang tergabung dalam koalisi pengusung Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK).

"Selain itu penyebabnya adalah sikap "gede rasa" KIH dengan kemenangan Jokowi-JK dan melupakan konstituen, relawan, dan masyarakat sipil dalam proses politik di parlemen," kata Hendardi dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Selain itu, menurut Hendardi, kekalahan yang dialami oleh KIH juga disebabkan sikap terlalu yakin atas dukungan yang diperoleh dari DPD dan PPP. Kata dia, DPD dan PPP belum teruji solidaritasnya dalam dukungan paket pimpinan MPR RI yang diajukan oleh KIH.

"Karena mereka (DPD dan PPP) bukanlah mitra koalisi yang strategis," ucapnya.

Hendardi menambahkan, jika KIH ingin memenangkan pemilihan pimpinan MPR sebaiknya tidak memilih voting dan lebih baik mempertahankan langkah musyawarah mufakat.

"PDIP juga diam-diam menghendaki voting setelah mendapat dukungan PPP dan DPD. Padahal gagasan untuk musyawarah mufakat semestinya tetap menjadi pilihan yang diutamakan. Setelah ada dukungan DPD dan PPP, KIH juga sama nafsunya untuk berkuasa seperti KMP," tutup Hendardi.

KMP berhasil memenangkan pemilihan paket pimpinan MPR dengan perolehan 347 suara dari 678 anggota MPR yang hadir pada Rabu dini hari tadi. Adapun paket yang diajukan yakni Zulkifli Hasan dari PAN sebagai Ketua MPR, Muhyidin dari Golkar, Hidayat Nur Wahid dari PKS, EE Mengindaan dari Demokrat dan Oesman Sapta Odang dari DPD sebagai Wakil Ketua MPR.

Sedangkan, paket pimpinan Koalisi Indonesia Hebat yang terdiri dari adalah Calon Ketua, Oesman Sapta Odang dari DPD, dan 4 Calon Wakil Ketua yakni Ahmad Basarah dari PDIP, Imam Nahrawi dari PKB, Patrice Rio Capella dari Partai Nasdem, dan Hazrul Azhar dari PPP, mendapat 330 suara. Adapun 1 suara lainnya dinyatakan abstain. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini