Sukses

Menyeberang ke KIH, Nasib PPP Akan Dibahas Petinggi KMP

Setya Novanto mengaku menghargai sikap PPP yang bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Liputan6.com, Jakarta - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyatakan merapat ke kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang dimotori PDIP. PPP kecewa karena kadernya tak masuk dalam paket pimpinan DPR maupun MPR yang diajukan kubu Koalisi Merah Putih (KMP).

Meski partai berlambang Kabah itu sudah merapat ke Koalisi Indonesia Hebat, menurut anggota KMP Setya Novanto, kejelasan nasib PPP dalam kubunya akan dibahas oleh petinggi KMP.

"Untuk PPP nanti saya serahkan kepada pimpinan saya," kata Setya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (8/10/2014).

Ketua DPR ini mengatakan, pihaknya menghargai sikap PPP yang bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat dalam pemilihan pimpinan MPR.

"Pak Idrus (Sekjen Golkar) juga telah mengajak tetua bersama-sama, tapi kita tak bisa menghalangi (sikap PPP), tapi kemarin kita tetap menang, ini suatu bukti KMP solid," tandas Bendahara Umum Partai Golkar tersebut.

KMP berhasil memenangkan pemilihan paket pimpinan MPR dengan perolehan 347 suara dari 678 anggota MPR yang hadir pada Rabu dini hari tadi. Adapun paket yang diajukan yakni Zulkifli Hasan dari PAN sebagai Ketua MPR, Muhyidin dari Golkar, Hidayat Nur Wahid dari PKS, EE Mengindaan dari Demokrat dan Oesman Sapta Odang dari DPD sebagai Wakil Ketua MPR.

Sedangkan, paket pimpinan Koalisi Indonesia Hebat yang terdiri dari adalah Calon Ketua, Oesman Sapta Odang dari DPD, dan 4 Calon Wakil Ketua yakni Ahmad Basarah dari PDIP, Imam Nahrawi dari PKB, Patrice Rio Capella dari Partai Nasdem, dan Hazrul Azhar dari PPP, mendapat 330 suara. Adapun 1 suara lainnya dinyatakan abstain. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini