Sukses

KMP dan Demokrat Solid di MPR, Setya Novanto Berterima Kasih ke SBY

KMP berhasil memenangkan pemilihan paket pimpinan MPR dengan ketuanya Zulkifli Hasan.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Koalisi Merah Putih (KMP) Setya Novanto mengungkapkan, kemenangan pihaknya dalam pemilihan Pimpinan MPR secara voting tertutup dini hari tadi tak bisa lepas dari peran Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudoyono (SBY). Hal ini lantaran Demokrat solid  dan 1 suara dengan kubu Koalisi Merah Putih (KMP).

"KMP kompak dan Demokrat juga solid (Dalam Pemilihan Pimpinan MPR). Saya berterima kasih kepada Pak SBY yang terus berkomunikasi," kata Setya di Gedung DPR, Rabu (8/10/2014).

Ketua DPR ini mengatakan, semua fraksi yang tergabung dalam KMP telah mengikuti proses pemilihan pimpinan MPR sesuai aturan, hingga usulan paket pimpinan yang ia ajukan dalam pemilihan di sidang MPR pagi tadi akhirnya menang.

"Tata tertib (Pemilihan MPR) sudah kami ikuti, makanya KMP menang secara solid dan kompak," ujarnya.

Setya mengatakan, meski pemilihan pimpinan MPR dilakukan voting secara tertutup, kubu KMP tetap menang seperti pemilihan pimpinan DPR beberapa waktu lalu. "Mungkin ini karena komunikasi kami yang baik," tandas Setya.

KMP berhasil memenangkan pemilihan paket pimpinan MPR dengan perolehan 347 suara dari 678 anggota MPR yang hadir pada Rabu dini hari tadi. Adapun paket yang diajukan yakni Zulkifli Hasan dari PAN sebagai Ketua MPR, Muhyidin dari Golkar, Hidayat Nur Wahid dari PKS, EE Mengindaan dari Demokrat dan Oesman Sapta Odang dari DPD sebagai Wakil Ketua MPR.

Sedangkan, paket pimpinan Koalisi Indonesia Hebat yang terdiri dari adalah Calon Ketua, Oesman Sapta Odang dari DPD, dan 4 Calon Wakil Ketua yakni Ahmad Basarah dari PDIP, Imam Nahrawi dari PKB, Patrice Rio Capella dari Partai Nasdem, dan Hazrul Azhar dari PPP, mendapat 330 suara. Adapun 1 suara lainnya dinyatakan abstain. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.