Sukses

Tim Jokowi-JK: Video 'Nazi' Ahmad Dhani Kampanye Rasis Tindas HAM

"Jangan sembarangan menggunakan atribut yang menjadi asosiasi dengan dosa-dosa masa lalu," cetus Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta Video 'Nazi' Ahmad Dhani sebagai bentuk dukungan terhadap capres-cawapres nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dinilai sembarangan. Tidak melihat sejarahnya.

"Perlu untuk menengok sejarah. Jangan sembarangan menggunakan atribut yang menjadi asosiasi dengan dosa-dosa masa lalu," kata juru bicara pasangan Jokowi-JK, Anies Baswedan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Musisi Ahmad Dhani menggunakan lagu "We Will Rock You" gubahan grup musik Queen yang diubah liriknya dengan kata-kata mendukung Prabowo-Hatta dalam Pilpres 2014. Video ini menuai kritik dan kecaman dari pihak internasional.

"Nazi selalu diasosiasikan dengan rasisme, pembunuhan masal, pelanggaran HAM. Jelas itu bertentangan dengan Pancasila dan nilai-nilai yang kita anut sebagai bangsa," jelas Anies.

Dalam videonya, Dhani mengenakan jaket hitam yang tampak seperti seragam pemimpin SS Nazi, Heinrich Himmler. Pentolan grup musik Dewa tersebut juga memasang lencana pada kerah dan saku yang mirip dengan seragam Heinrich Himmler.

Tak hanya penggunaan atribut yang identik dengan Nazi oleh Dhani itu yang dikecam, penjiplakan lagu "We Will Rock You" gubahan Queen juga mendapat sorotan Brian May. Gitaris Queen ini sampai berkicau melalui akun twitter.

"Ahmad Dhani skinhead imagery http://youtu.be/tpbqIuY8nVo ” of course this is completely unauthorised by us. Bri," kicau Brian May dalam akun resminya @DrBrianMay. Penampilan skinhead Ahmad Dhani --menyertakan link video di YouTube-- tentu saja kami sama sekali tidak memberikan izin. (Yus)

Baca Juga:

Seragam Kampanye Mirip Nazi, Ahmad Dhani Disorot Media Jerman
Tantowi: Kostum Mirip Nazi Ahmad Dhani Bukan Arahan Timses
Tim Jokowi-JK: Lagu Kampanye Dhani Jiplak Queen Coreng Wajah RI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini