Sukses

Seragam Kampanye Mirip Nazi, Ahmad Dhani Disorot Media Jerman

Media Jerman Der Spiegel juga menulis nama Prabowo Subianto dan Joko Widodo yang tengah bertarung pada Pilpres 2014.

Liputan6.com, Berlin - Penampilan Ahmad Dhani dalam video klip kampanye menggunakan lagu adaptasi dari karya Queen "We Will Rock You" untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menjadi perhatian media terkemuka Jerman, Der Spiegel.

Hal ini lantaran pakaian yang dikenakan musisi sekaligus Bos Republik Cinta itu disebut-sebut mirip seragam yang dipakai oleh Heinrich Luitpold Himmler yang merupakan Komandan Satuan Elite Nazi, Schutzstaffel SS.

Dalam laporannya di kanal politik bertajuk 'Indonesien: Wahlkampf in Himmlers SS-Uniform', Der Spiegel menulis bahwa jaket seragam berwarna hitam yang dipakai Ahmad Dhani menyerupai seragam milik Heinrich Himmler, yang merupakan orang kepercayaan pemimpin Nazi Adolf Hitler.

"Dhani memakai lencana pada kerah dan lencana merah pada bagian saku kanan yang sama (dengan seragam Himmler)," tulis Der Spiegel, Selasa 24 Juni 2014.

Selain itu, majalah asing tersebut juga menyinggung soal adanya kafe bertema Nazi di Bandung. Dituliskan bahwa, pelayan kafe tersebut memakai seragam Nazi saat melayani pengunjung.

Dalam artikelnya itu, Der Spiegel juga menulis nama Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) yang tengah bertarung untuk memperebutkan kursi Presiden RI.

"Lebih dari 185 juta orang Indonesia akan memilih pada tanggal 9 Juli. Ada 2 kandidat presiden, yakni Gubernur (non-aktif) Ibukota Jakarta Joko Widodo dan mantan Jenderal Prabowo Subianto," tulis Der Spiegel.

Bersambung ke: Anggun Kecewa


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggun Kecewa



Anggun C Sasmi, penyanyi yang juga menjadi juri X Factor bersama Ahmad Dhani mengaku kecewa usai melihat berita di Der Spiegel tersebut.

Hal itu ungkapan lewat akun Twitter resminya, @Anggun_Cipta,  Selasa 24 Juni malam. Berikut kicauannya.

"1.Kaget,kecewa, malu dan sedih melihat headline di portal berita Jerman, Spiegel, ada foto @AHMADDHANIPRAST memakai seragam Heinrich Himmler."

"2. Yg adalah leading member Nazi!Jutaan orang dibunuh secara kejam oleh mereka hanya karena mereka berbeda agama, ras dan visi. Memakai."

"3. Seragam org kepercayaan Hitler adalah mengenang kekejaman yang mencoreng muka dunia dan menggubris kepedihan keluarga jutaan korban"

"4. Aku berdoa semoga Indonesia tidak jatuh ke fasisme!"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.