Sukses

Telat Lapor Dana Kampanye, PBB Paling Banyak Dicoret di Daerah

Berdasarkan publikasi KPU, Partai Bulan Bintang dicoret kepesertaannya di 10 kabupaten/kota.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Bulan Bintang (PBB) menjadi partai yang paling banyak dibatalkan sebagai peserta pemilu di daerah. Pembatalan kepesertaan PBB ini adalah konsekuensi dari keterlambatan partai tersebut dalam penyerahan laporan awal dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) yang seharusnya berakhir pada 2 Maret 2014 pukul 18.00 waktu setempat.

PBB dicoret kepesertaannya di 10 kabupaten/kota. Hal ini disampaikan dalam publikasi KPU tentang pembatalan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari partai sebagai peserta pemilu di laman resmi KPU, Senin (17/3/2014).

10 Kabupaten/kota tersebut yaitu Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Gunungsitoli, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Toraja Utara, dan Kota Tomohon.

Selain itu, ada beberapa partai lain yang juga dibatalkan kepesertaan pemilunya di beberapa daerah. Seperti dikatakan anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, terdapat 9 partai yang dicoret sebagai peserta pemilu di 25 kabupaten/kota.

"Sekarang dalam proses pengeluaran SK dan memberikan informasi terlebih dulu ke parpol terkait," kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah kepada Liputan6.com di Jakarta.

Partai-partai tersebut adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ada 2 daerah yang dibatalkan kepesertaan pemilunya di Kabupaten Tabanan dan Kota Tomohon. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dibatalkan di Kota Tomohon dan Kabupaten Toraja Utara. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dibatalkan di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Partai Gerindra dibatalkan di Kabupaten Donggala, Partai Demokrat dibatalkan di Aceh Singkil dan Majalengka. Partai Amanat Nasional (PAN) dibatalkan di Kabupaten Pelalawan. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dibatalkan di Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Ngada. Sementara itu, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Partai Golkar tak ada satu pun daerah yang dibatalkan kepesertaannya. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

Bawaslu Siap Terima Gugatan Peserta Pemilu yang Dicoret KPU
KPU Coret 9 Parpol dan 35 Calon Anggota DPD, Berikut Daftarnya
Kampanye Pemilu Hari Pertama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.