Sukses

Ketua MPR Satukan Koalisi Merah Putih - KIH Saat Jokowi Dilantik

Agar rencana mempersatukan Koalisi Merah Putih dan Koalisi Indonesia Hebat berjalan lancar, Zulkifli Hasan akan bertemu SBY.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR terpilih Zulkifi Hasan menegaskan akan memotori bersatunya dua kelompok partai politik yang ada saat ini yakni Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Langkah tersebut, kata Zulkifli, akan dilakukan saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) 20 Oktober mendatang.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga memastikan tidak ada indikasi untuk memboikot atau menjegal pemerintahan Jokowi-JK.

"Saya yang akan memotori KMP dan KIH bersatu. Kita jaga kesejukan agar persatuan terjaga. kita tidak ingin investor bingung, agar ekonomi bagus, isu pemboikotan itu tidak ada. Kita harus menggunakan bahasa menenteramkan rakyat," kata Zulkifi di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Guna mewujudkan rencana ini, Zulkifli mengatakan akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jokowi. Dia juga mengungkapkan, saat pelantikan Jokowi-JK nanti akan hadir perdana menteri se-Asia dan mantan senator Amerika Serikat.

"Dalam waktu dekat, saya juga akan bertemu dengan Pak SBY. Agar agenda acara bisa berjalan baik. Kalau Pak SBY ketemu di Cikeas, kalo Pak Jokowi di rumah resminya. Kita mendapatkan laporan akan datang tamu istimewa, mungkin senator AS dan perdana menteri se-Asia," jelas Zulkifi.

Ditanyakan apakah tamu istimewa tersebut sebagai tanda dukungan asing terhadap Pemerintahan Jokowi-JK, Zulikfli menepisnya.

"Mereka datang sebagai bentuk apresiasi dan memuji kemajuan Indonesia dalam berdemokrasi. Saya yakin Pak Jokowi dan JK merupakan putra terbaik bangsa. Kita berdoa tidak terjadi apapun (dalam pelantikan nanti). Saya yakin dengan TNI dan Polri," pungkas Zilkifli.

Perseteruan antara Koalisi Merah Putih dengan Koalisi Indonesia Hebat terjadi saat pemilihan ketua DPR dan ketua MPR beberapa waktu lalu. Koalisi Merah Putih berusaha mengunci Koalisi Indonesia Hebat sehingga tidak berhasil meraih satu kursi pun di pimpinan DPR dan MPR. Zulkifli Hasan menjadi Ketua MPR yang diusung Koalisi Merah Putih. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini