Sukses

Pengamat: Prabowo Saingan Berat Jokowi

Pengamat politik UGM Ari Sujito menilai hanya Prabowo menjadi lawan paling berat untuk Jokowi.

Liputan6.com, Yogyakarta- Majunya Joko Widodo atau Jokowi menjadi capres PDIP mendapat sambutan dan sejumlah reaksi dari lawan politik untuk menentukan strategi pemenangan pemilu. Dari sejumlah capres, Prabowo Subinato dinilai sebagai pesaing berat Jokowi pada Pilpres 2014 mendatang.

Pengamat politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Ari Sujito menilai belum ada tokoh yang maju dalam pilpres yang mampu mengalahkan pamor Jokowi. Hanya Prabowo yang dinilai akan menjadi lawan paling berat Gubernur DKI Jakarta tersebut. Sementara tokoh seperti Ical dinilai belum mampu menyaingi Jokowi.

"Paling nanti Prabowo yang jadi saingan berat Jokowi, dilihat dari peta di media, kampanye dan seterusnya sangat terasa sekali. Ical pun internal Golkar nggak cukup solid. Pasangan mereka akan masih membutuhkan konsolidasi partai," ujar Ari saat dihubungi Liputan6.com di Yogyakarta, Sabtu (15/03/2014).

Dia menjelaskan, lain halnya dengan tokoh dari partai Hanura Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo yang maju dalam Pilpres 2014 ini. Menurut dia, pasangan tersebut masih membutuhkan perolehan suara di Pileg terlebih dahulu. Jika perolehan suara tinggi, maka pasangan ini bisa andil dalam persaingan.

"Win-HT butuh perolehan suara caleg dulu. Kalau suara legislatif tinggi, dia baru bisa ke lapangan cukup lebar. Tapi perolehan suara Hanura masih kecil ya. Begitu juga Prabowo, Gerindra belum juga punya kepastian perolehah suara, tapi kefiguran Prabowo sudah sangat kuat," papar adi.

Ditambahkan dia, pencapresan Jokowi dinilai sebagai langkah yang realistis dari PDIP. Bahkan persaingan dan elektabilitas Jokowi cukup tinggi, sehingga majunya Jokowi menjadi momentum yang tepat bagi PDIP.

"Langkah yang realistis dan menjawab teka-teki yang publik nantikan siapa capres PDIP. Persaingan jokowi cukup tinggi dan ini momentum bagi PDIP," tandas Ari.

Baca juga:

Jokowi Terlalu Patuh pada Megawati? Ini Penilaian Ahok

Prabowo-Hatta Diprediksi Menang Pilpres, Gerindra: Bisa Terjadi

PDIP Larang Ahok Dampingi Prabowo Nyapres?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo