Sukses

Survei: Jokowi, Ahok, Risma Layak Maju ke Tingkat Nasional

Jokowi memiliki tingkat elektabilitas tertinggi dengan 23,6%, disusul Risma 10,7%, diikuti Ahok 8,3%.

Liputan6.com, Jakarta- Hasil survei lembaga Political Communication Institute (Polcomm Institute) menunjukkan 3 pemimpin daerah layak maju ke tingkat nasional. Mereka yakni Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, dan terakhir Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

"Sebanyak 31,4% responden menyatakan, sudah saatnya pemimpin daerah maju sebagai pemimpin nasional," kata Direktur Polcomm Institute, Heri Budianto dalam jumpa pers di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta, Minggu (9/3/2014).

Dia menjelaskan, Jokowi memiliki tingkat elektabilitas tertinggi dengan 23,6%, disusul Risma 10,7%, diikuti Ahok 8,3%, Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat) 2,6%, Syahrul Yasin Limpo (Gubernur Sulawesi Selatan) 2,2% dan Soekarwo (Gubernur Jawa Timur) 1,8%.

Di samping itu, tingkat popularitas juga masih dipegang Jokowi dengan 30,4%, Risma 18,3%, Ahok 12,6%, Ridwan Kamil (Walikota Bandung) 9,3%, Syahrul Yasin 2,9%, Ahmad Heryawan 2,4%, Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) 2,3%, dan Soekarwo 2,3%.

"Mayoritas pemilih muda menyatakan akan memilih Jokowi jika menjadi capres. Jokowi memiliki potensi pemilih hampir sebagian besar pemilih muda baik rentang 17-20 tahun sampai 27-29 tahun," kata Heri.

Adapun metode survei ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 1.200 orang pemilih muda dengan rentang usia 17-29 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung di 33 Ibukota Provinsi di Indonesia.

Margin of eror dalam survei ini sebesar 3,1% dengan tingkat kepercayaan sebesar 96%. Survei ini sendiri dilakukan pada 24 Februari sampai 4 Maret 2014. (Ismoko Widjaya) 

Baca juga:

PDIP Larang Ahok Dampingi Prabowo Nyapres?

Alasan PDIP Belum Deklarasikan Capres

Siap Jadi Cawapres? Ahok: Bolehlah... Enak Naik Mercy S Class

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.
    Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.

    Tri Rismaharini

Video Terkini