Sukses

KMP Kuasai Parlemen, Jokowi Diminta Tak Gentar

Utusan Koalisi Merah Putih (KMP) menduduki kursi Ketua DPR dan Ketua MPR. Presiden terpilih Jokowi diminta untuk tak takut.

Liputan6.com, Jakarta - Zulkifli Hasan, politisi Partai Amanat Nasional ini secara resmi terpilih menjadi Ketua MPR RI periode 2014-2019. Hal ini sekaligus melengkapi dominasi Koalisi Merah Putih (KMP) yang sebelumnya berhasil mengusung Setya Novanto sebagai Ketua DPR.

Banyak kalangan memprediksi hal ini akan membuat pemerintahan mendatang yang dipimpin Jokowi-JK bakal terganggu. Lantaran program pemerintah dapat terhambat dalam pembahasan di DPR.

Namun kekhawatiran tersebut dibantah oleh salah satu mantan politisi PDI Perjuangan, Topane Gayus Lumbuun. Hal ini karena menurut Gayus, dalam sistem pemerintahan presidensial yang dianut Indonesia, presiden memiliki kekuatan politik lebih besar dibandingkan parlemen.

"Bentuk pemerintahan yang presidensial ini tidak perlu takut dengan DPR melakukan hal-hal yang menyimpang atau menggunakan kekuasannya tanpa etika politik. Itu tidak perlu khawatir," ujar Gayus Lumbuun saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Rabu (8/10/2014).

"Karena kekuatan presiden dalam presidensial ini besar sekali," sambung dia.

Menurut dia, dalam sistem presidensial,  DPR hanya mengatur 3 hal saja yaitu, anggaran, kontrol, serta regulasi. Sementara, presiden memiliki kewenangan yang lebih khusus. Jadi, Gayus yang juga mantan anggota Komisi III DPR ini tetap optimistis pemerintahan mendatang dapat berjalan dengan baik.

"Saya optimis akan stabil. Dan itu tentunya harus ada kewibawaan. Dan kewibaan itu tentunya mengenai pendekatan dan komuniasi dengan semua pihak. Dan yang penting ada etika politik dari semua pihak. Baik pihak presiden maupun DPR," pungkas Gayus yang kini menjadi salah satu Hakim Agung.

Sementara itu, setelah pemilihan Ketua DPR dan Ketua MPR tersebut, Jokowi mengaku akan fokus membangun pemerintahan dan penyusunan kabinet sebelum dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober.

"Pemilihan DPR sudah rampung, DPR sudah, MPR sudah rampung, sekarang tinggal waktunya untuk bekerja," ujar Jokowi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) merupakan lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.

    MPR

  • Koalisi Merah Putih

Video Terkini