Sukses

Jokowi: Pemilihan Ketua DPR/MPR Rampung, Sekarang Waktunya Kerja

Jokowi mengatakan, yang dibutuhkan rakyat sekarang adalah bukti dan kerja nyata, bukan sandiwara politik yang dipertontonkan saat ini

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) tak mau dipusingkan dengan persoalan tarik ulur mengenai pembagian kursi pimpinan DPR Setelah pemilihan pimpinan DPR, DPD dan MPR, Jokowi akan fokus membangun pemerintahan dan penyusunan kabinet sebelum dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober.

"Pemilihan DPR sudah rampung, DPR sudah, MPR sudah rampung, sekarang tinggal waktunya untuk bekerja," ujar Jokowi usai menghadiri acara pembukaan pameran perdagangan skala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) ke 29 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (8/10/2014).

Jokowi mengatakan, yang dibutuhkan rakyat adalah bukti dan kerja nyata, bukan sandiwara politik yang dipertontonkan saat ini di berbagai media.

"Rakyat sudah bosan dengan urusan-urusan politik. Sekarang tinggal bekerja," kata dia.

Saat ditanya mengenai isu penjegalan Koalisi Merah Putih (KMP) melalui parlemen. Jokowi enggan mengomentarinya. "Tadi sudah ngomong, masa sekarang ngomong lagi‎," kata dia.

Paket pimpinan DPR dari Koalisi Merah Putih (KMP) berhasil menguasai DPR. Bendahara Umum Partai Golkar Setya Novanto terpilih menjadi Ketua DPR dalam Rapat Paripurna yang digelar dari Rabu 1 Oktober hingga Kamis 2 Oktober 2014. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menjadi Wakil Ketua DPR.

Selain Fadli Zon, Wakil Ketua DPR lainnya adalah Agus Hermanto (Wakil Ketua Umum Partai Demokrat), Taufik Kurniawan (Sekretaris Jenderal PAN), dan Fahri Hamzah (Wakil Sekretaris Jenderal PKS).

KMP juga berhasil memenangkan pemilihan paket pimpinan MPR dengan perolehan 347 suara dari 678 anggota MPR yang hadir pada Rabu dini hari tadi. Adapun paket yang diajukan yakni Zulkifli Hasan dari PAN sebagai Ketua MPR, Muhyidin dari Golkar, Hidayat Nur Wahid dari PKS, EE Mengindaan dari Demokrat dan Oesman Sapta Odang dari DPD sebagai Wakil Ketua MPR.

Sedangkan, paket pimpinan Koalisi Indonesia Hebat yang terdiri dari adalah Calon Ketua, Oesman Sapta Odang dari DPD, dan 4 Calon Wakil Ketua yakni Ahmad Basarah dari PDIP, Imam Nahrawi dari PKB, Patrice Rio Capella dari Partai Nasdem, dan Hazrul Azhar dari PPP, mendapat 330 suara. Adapun 1 suara lainnya dinyatakan abstain. (Mut)
‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) merupakan lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.

    MPR

  • Ketua MPR

Video Terkini