Sukses

Pimpinan MPR 2014-2019 Langsung Dilantik Hari Ini

Meski waktu telah menunjukkan pukul 04.43 WIB, pelantikan pimpinan MPR terpilih tetap akan dilaksanakan pada hari ini juga.

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan MPR RI periode 2014-2019 telah ditetapkan dan disahkan usai memperoleh suara terbanyak melalui pemungutan suara yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama atau Gedung Utama, Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/10/2014) pagi.

Meski waktu telah menunjukkan pukul 04.43 WIB, pelantikan pimpinan MPR terpilih tetap akan dilaksanakan pada hari ini juga.

"Pelaksanaan pengambilan janji dan sumpah pimpinan MPR akan dilaksanakan hari ini. Sidang diskors 10 menit," ucap pimpinan MPR sementara Maimanah Umar di Gedung Utama, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta.

Hal itu sesuai dengan tata tertib MPR Pasal 25 yang menyebutkan bahwa sebelum memangku jabatan, lebih dulu bersumpah dan berjanji dengan dipandu Ketua Mahkamah Agung (MA). Namun, Ketua MA saat ini belum berada di ruang sidang. Sehingga pelantikan menunggu kedatangan Ketua MA. Setelah itu, pengambilan sumpah pun akan dilaksanakan.

Pimpinan MPR periode 2014-2019, Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR, Wakil Ketua MPR Mahyudin (Golkar), EE Mangindaan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), dan Oesman Sapta Odang (DPD).

"Sesuai Pasal 27 tatib MPR, apabila sudah bersumpah, pimpinan sementara akan menyerahkan sidang ke pimpinan terpilih. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak. Selamat kepada pimpinan MPR terpilih," ucap Maimanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.