Sukses

Ini Visi Misi 2 Calon Ketua MPR

Sebelum voting yang dimulai Selasa tengah malam, dua calon ketua MPR yakni Oesman Sapta Odang dan Zulkifli Hasan menyampaikan visi misinya.

Liputan6.com, Jakarta - Voting pemilihan pimpinan MPR masih berlangsung di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, hingga Rabu (8/10/2014) dini hari ini

Sebelum voting yang dimulai Selasa tengah malam, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang menyampaikan visi misinya sebagai calon ketua MPR di hadapan ratusan peserta sidang paripurna MPR di Gedung Parlemen.

Jadi Perekat DPD dan DPR

Penyampaian visi misi ini atas interupsi anggota Fraksi Demokrat Benny K Harma, sebelum dilakukan pemungutan suara atau voting. Oesman pun menegaskan jika nantinya terpilih sebagai Ketua MPR, yang akan dilakukannya adalah merekatkan hubungan antara DPR dengan DPD.

"Bilamana saya terpilih sebagai ketua, saya akan menjadi perekat antara DPD dan DPR," ucap Oesman.

Ia menekankan pula kesediaan dirinya diusung sebagai calon ketua MPR bukan semata-mata karena alasan kekuasaan. Melainkan untuk membentuk hubungan yang baik antara rakyat dengan majelis permusyawaratannya.

Oesman juga mengaku merasa sangat bangga bahwa ada anggota DPR yang berani mencalonkan anggota DPD menjadi ketua MPR. Sehingga DPD mendapatkan bisa posisi tertinggi di lembaga tersebut. Begitu juga dengan usulan menempatkan anggota DPD sebagai wakil ketua MPR. "Jadi mari kita tunjukkan DPD sebagai perekat. Mari kita rebut kekuasaan tertinggi ketua MPR," tegas Oesman yang disambut tepuk tangan.

Karena Garis Tangan

Sementara, anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang diusulkan Koalisi Merah Putih (KMP) sebagai calon ketua MPR mengatakan dirinya tak pernah berniat menduduki kursi ketua MPR.

"Hidup itu misteri. Saya tidak pernah berencana untuk menjadi ketua MPR. Tidak pernah mengejar jabatan yang namanya Ketua MPR. Tapi garis tangan menuntun sampai kemari," ucap Zulkifli saat pengampaian visi misi di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa malam, 7 Oktober 2014.

Namun, karena dirinya telah dipilih untuk menjadi calon ketua maka Zulkifli menganggap hal tersebut sebagai tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Sehingga ia berjanji apabila terpilih sebagai ketua MPR, dirinya akan bekerja semaksimal mungkin melaksanakan tugas-tugasnya.

Serta, menambah keharmonisan hubungan antara DPR dan DPD. Sebab, DPD selama ini dianggap kurang dioptimalkan. "Maka tugas Ketua MPR-lah untuk memperkuat itu. Karena MPR merupakan lembaga yang sangat penting untuk mengawal Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI," pungkas Zulkifli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini