Sukses

Politisi PDIP Prasetyo Edi Marsudi Terpilih Jadi Ketua DPRD DKI

Seluruh anggota dewan yang mengikuti rapat paripurna menyetujui Prasetyo menjadi pimpinan DPRD DKI untuk 5 tahun mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Politisi PDIP Prasetyo Edi Marsudi resmi menjadi Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019. Seluruh anggota dewan yang mengikuti Rapat Paripurna DPRD DKI hari ini menyetujui Prasetyo menjadi pimpinan wakil rakyat di Ibukota selama 5 tahun mendatang.

Prasetyo nantinya akan didampingi 4 orang Wakil Ketua DPRD DKI, yaitu Mohammad Taufik, Triwisaksana, Abraham Lunggana (Lulung) dan Ferrial Sofyan.

"Pimpinan DPRD DKI Jakarta berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD DKI Jakarta," kata Ketua Sementara DPRD DKI Jhonny Simanjuntak, dalam Rapat Paripurna DPRD DKI di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Jhonny menjelaskan hal itu sesuai dengan ketentuan Pasal 327 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD yang menyatakan pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta terdiri dari 1 orang Ketua dan 4 orang wakil ketua.

Berdasarkan usulan pimpinan partai politik yang telah mengajukan nama anggota dewan yang akan ditetapkan menjadi pimpinan dewan, sambungnya, terkumpul 1 calon ketua dan 4 calon wakil ketua dari 5 partai pemenang Pemilu 2014.

Kemudian, sesuai Surat DPP PDIP Nomor 5325/IN/DPP/IX/2014, Tanggal 9 September 2014, tentang Pengesahan dan Penetapan Calon Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, anggota dewan memutuskan Prasetyo Edi Marsudi sebagai Ketua DPRD. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini