Sukses

Peneliti CSIS: Pulau Jawa adalah Battle Ground

Prabowo-Hatta unggul di Jawa Barat, sedangkan Jawa Tengah jadi milik Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS) Phillips J. Vermonte, nuansa persaingan 2 pasangan capres-cawapres sangat ketat di Pulau Jawa. Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul di Jawa Barat, sedangkan Jawa Tengah jadi milik Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

"Saya kira memang Pulau Jawa adalah battle ground (medan pertempuran) buat para kandidat. Pemilih tersebar ada di Pulau Jawa," imbuh Phillips di Kantor CSIS, Jalan Tanah Abang III No 23-27, Jakarta Pusat, Rabu (9/7/2014).

Phillips pun menjelaskan Prabowo-Hatta bisa menang di Jawa Barat karena bantuan dari Gubernur Jabar asal Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Heryawan. Selain itu, efek fitnah tabloid Obor Rakyat juga memengaruhi kemenangan Jokowi di Jawa Barat.

"Saya kira itu ada ada efek, cuma saya tidak tahu seberapa besar, seperti yang saya bilang, perolehan Prabowo-Hatta terbantu oleh Gubernur Jabar yang merupakan orang PKS, yang merupakan anggota koalisi Prabowo-Hatta," tuturnya.

Sementara, Cyrus Network bekerja sama dengan CSIS menggelar hitung cepat untuk melihat siapa pemenang dalam Pilpres 2014 ini. Hingga pukul 14.15 WIB, hasil sementara dari partisipasi 82,35% suara rakyat Indonesia, Jokowi-JK unggul. Rincinya, Prabowo-Hatta 47,36% dan Jokowi-JK 52,64%. (Ein)

Baca juga:

Quick Count CSIS-Cyrus 82,35%: Prabowo 47,36%, Jokowi 52,64%
Jokowi Unggul Quick Count, Mata Mega Berlinang Air Mata
Hatta: Demokrasi, yang Kalah Jangan Ngamuk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.