Sukses

Bazar Kuliner Tanah Air Meriahkan Pencoblosan di KBRI Paris

Kegiatan bazar makanan di sela-sela pesta demokrasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia di Paris.

Liputan6.com, Paris - Pemungutan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 telah digelar di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris pada Minggu 6 Juli 2014 waktu setempat. Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) memeriahkan pencoblosan dengan menggelar bazar kuliner Tanah Air.

Kegiatan bazar makanan di sela-sela pesta demokrasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia di Paris dan sekitarnya untuk datang memilih ke TPS. Banyak warga negara Indonesia (WNI) yang antusias mencoblos sembari menikmati kuliner nusantara.

Pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) KBRI Paris dimulai pukul 10.00 dan ditutup 19.00 waktu setempat. Tercatat 837 Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Paris dan sekitarnya hadir memberikan suaranya ke TPSLN.

Ketua PPLN Paris, Armayanti Chattot mengatakan, antusiasme masyarakat Indonesia di Paris dan sekitarnya dalam Pilpres 2014 jauh meningkat dibanding Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

"Dari 2.200  pemilih yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) untuk wilayah Paris dan sekitarnya, sebanyak 837 orang memilih langsung di TPS, sedangkan sekitar 500 orang memberikan suara melalui pos," kata Armayanti dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Senin (7/7/2014).

Menurut PPLN Paris, ada 575 WNI yang menggunakan hak suaranya. Prosentase partispasi masyarakat Indonesia pada Pilpres 2014 di Paris dan sekitarnya diperkirakan sekitar 55% dari jumlah pemilih atau meningkat  18% dibanding Pileg 2014 lalu.

Duta Besar RI untuk Prancis, Rezlan Jenie yang turut hadir memberikan suara di TPS dan mengawasi jalannya pemungutan suara sampai TPS di tutup menyambut gembira antusiasme masyarakat Indonesia di Paris dan sekitar dalam Pemilu Legislatif.

Secara umum, suasana Pilpres 2014 yang berlangsung di TPS KBRI Paris berlangsung aman, tertib dan lancar. Para pemilih yang memadati TPS tidak hanya dari wilayah Paris tetapi juga dari wilayah lain di sekitar Paris. Secara rinci, yakni berasal dari Paris (75), Hauts de Seine (92), Seine et Saint Denis (93), dan Val de Marne (94). Bahkan diantara pemilih terdapat beberapa WNI yang kebetulan berada di Paris sebagai turis menyempatkan diri untuk menggunakan hak suaranya di TPS KBRI Paris.

Penghitungan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2014 mulai pukul 10.00, sementara penghitungan suara dari pos akan berlangsung pada tanggal 12 Juli 2014 mulai pukul 12.00 di KBRI Paris. (Ein)

Baca juga:

Garuda Merah dan Kotak-kotak Dilarang Dipakai Saksi Pada 9 Juli

Jumlah WNI Nyoblos Pilpres di Austria Lebih Banyak dari Pileg

WNI di Tokyo Lebih Banyak Coblos Pilpres Lewat Pos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini