Sukses

Jokowi Kecewa PPP Dukung Prabowo?

Ini adalah komentar pertama Jokowi setelah PPP mendukung sepenuhnya pencapresan Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memutuskan akan berkoalisi dengan Partai Gerindra dan mendukung sepenuhnya pencapresan Prabowo Subianto pada Pilpres 2014. Keputusan tersebut muncul setelah 20 dari 33 DPW PPP secara aklamasi mendukung mantan Pangkostrad itu sebagai kandidat presiden.

Terkait dukungan tersebut, calon presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa itu pun turut berkomentar. Jokowi yang sempat dikabarkan mendapatkan dukungan dari sebagian DPW PPP yang berada di bawah kubu Sekjen Romahurmuziy itu mengaku menghargai keputusan PPP.

"Ya kita menghargai, kita menghormati keputusan politi apapun yang sudah diputuskan oleh PPP," ujar Jokowi usai melakukan kunjungan ke lembaga swadaya masyarakat Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) di kawasan Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (12/5/2014).

Jokowi sebelumnya mengaku optimistis, selain mendapatkan dukungan dari PKB, dirinya juga akan disokong partai berlambang Kabah itu. Untuk mengupayakan dukungan itu, Jokowi bahkan harus jauh-jauh harus terbang ke Rembang, Jawa Tengah untuk menemui Ketua Dewan Majelis Syariah DPP PPP KH Ma'moen Zubair atau yang biasa disapa Mbah Moen.

Namun, setelah keputusan rapimnas, PPP justru memilih Prabowo. Apakah Jokowi kecewa dengan keputusan tersebut?

"Apa? Kecewa apanya?" cetus Jokowi.

PPP telah memutuskan akan berkoalisi dengan Partai Gerindra dan mendukung sepenuhnya pencapresan Prabowo Subianto pada Pilpres 2014.

"Melalui proses sangat panjang akhirnya PPP menetapkan secara bulat bahwa Rapimnas PPP ke-2, secara aklamasi mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden," kata Ketum PPP Suryadharma Ali dalam konferensi pers di Hotel Aston, Kuningan, Jakarta, Senin dini hari.

"Pengambilan keputusan ini berdasarkan pertimbangan sangat matang dan kajiannya secara seksama dan menimba informasi dari berbagai calon presiden. Dan perdebatan panjang dari wilayah."

Pria yang karib disapa SDA itu menyatakan seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP se-Indonesia siap mendukung pencapresan Prabowo. Mereka akan ikut mengambil bagian, baik saat kampanye maupun pilpres nanti.

"Untuk mencapai kata sepakat kita lakukan skor 3 kali. Dan terpanjang selama 27 jam, skors setengah jam, dan 1,2 jam, dan terakhir 30 menit. Kemudian terbit bulat dari Rapimnas," ujar SDA yang juga menjabat Menteri Agama. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini