Sukses

Kurang 24 Jam, Sejumlah TPS di Jakarta Belum Siap

Kurang 24 jam pelaksanaan pemilu legislatif, sejumlah TPS di kawasan Slipi dan Tanah Abang masih kosong.

Liputan6.com, Jakarta - Kurang dari 24 jam rakyat Indonesia akan menggelar pesta demokrasi, pemilihan umum anggota legislatif 2014. Sejumlah persiapan telah dilaksanakan oleh panitia pemilu di seluruh nusantara. Namun masih ada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang belum disiapkan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (8/4/2014), TPS di sepanjang kawasan Slipi dan Tanah Abang masih banyak yang belum disiapkan. Sebagian bahkan ada yang terlihat masih kosong. Namun ada yang sudah mulai mendirikan tenda dan menggelar terpal. Seperti lapangan bulu tangkis di RW 007, Kelurahan Slipi, yang disulap menjadi TPS.

Keterbatasan jumlah panitia pemilu atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjadi salah satu penyebab molornya persiapan di TPS. Rata-rata petugas KPPS di lokasi tersebut adalah karyawan swasta dan masih bekerja rutin hingga pukul 17.00 WIB.

Sehingga persiapan baru bisa dilaksanakan secara maksimal di atas jam pulang kerja. Sejumlah logistik pemilu juga baru akan didistribusikan sekitar pukul 20.00 WIB.

Sementara di Kelurahan Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sekitar 31 TPS telah dipersiapkan. Dari 31 TPS tersebut 3 di antaranya yaitu TPS 1, 2 dan 3 menggunakan fasilitas ruang belajar SDN 07 dan 09 Kramat Pela.

Lurah Kramat Pela, M Rizki Adhari, mengatakan TPS yang menggunakan lokal SDN 07 dan 09 baru akan disiapkan usai kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah tersebut. Tindakan ini agar tidak mengganggu proses belajar siswa SDN Kramat Pela 07 dan Kramat Pela 09.

"Untuk persiapan ruang kelas yang digunakan TPS 1, 2, dan 3 akan dilaksanakan setelah jam belajar di SD 07 dan 09. Untuk pendistribusian logistik pemilu akan dilaksanakan pukul 19.00 WIB dan dikawal petugas kepolisian dan panitia TPS" kata Rizki. (Yus Ariyanto)

Baca juga:
Ini TPS Megah Tempat Sultan Yogya Nyoblos Besok
Puluhan TPS di Tangerang Terancam Terendam Banjir
KPU Jamin Logistik Pemilu Sampai di TPS Hari Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.