Sukses

Survei: JK dan Gita Wirjawan Cawapres Ideal

Dari hasil riset tersebut, beberapa kandidat cawapres dibagi 2 kelompok, yakni kelompok cawapres tua dan kelompok cawapres muda.

Liputan6.com, Jakarta - Hanya 3 nama capres Joko Widodo alias Jokowi, Prabowo Subianto, dan Aburizal Bakrie yang diprediksi akan meramaikan bursa capres. Kandidat cawapres pun menjadi menarik untuk dinanti. Lembaga survei IndoStrategi melakukan riset kualitatif terkait siapa kandidat cawapres yang pantas berlaga dalam Pilpres 2014.

Dari hasil riset tersebut, beberapa kandidat cawapres dibagi 2 kelompok, yakni kelompok cawapres tua dan kelompok cawapres muda. Kelompok cawapres tua adalah, Jusuf Kalla, Akbar Tandjung, Hatta Rajasa, Rizal Ramli, Surya Paloh, Ryamizard Ryacudu dan Dahlan Iskan.

Sedangkan kelompok cawapres muda yakni Gita Wirjawan, Yusril Ihza Mahendra, Khofifah Indar Parawansa, Hajriyanto Thohari, Hari Tanoesudibyo, Din Syamsuddin, Mahfud MD, Pramono Edhie Wibowo, Anies Baswedan, Moeldoko, dan Anis Matta.

Direktur IndoStrategi Andar Nubowo mengatakan, dari hasil riset kualitatif tersebut didapatkan sosok cawapres yang menempati peringkat teratas.

"Dua nama cawapres yang memiliki scoring tinggi yakni, Jusuf Kalla untuk golongan tua, dan 2 nama yang berasal dari kaum muda yakni Gita Wirjawan yang ideal untuk menjadi cawapres," ujar Andar di Cikini, Jakarta Pusat, Jakarta (2/4/2014).

Dari cawapres muda, lanjut Andar, juga terdapat nama menarik yang mempunyai kapasitas sebagai pendamping 3 capres tersebut. "Ada Yusril Ihza Mahendra dan Khofifah. Namun, memang masih ada kekurangan dari 2 nama tadi," ujarnya.

Riset kualitatif tersebut dilaksanakan 15 Februari hingga 25 Maret 2014, menggunakan cara indepth interview atau wawancara mendalam dengan 25 pakar bidang ekonomi, sosial, budaya, internasional dan pertahanan keamanan.

Berikut 3 besar cawapres kelompok tua:
1. Jusuf Kalla
2. Akbar Tandjung
3. Hatta Rajasa

Berikut 3 besar cawapres kelompok muda:
1. Gita Wirjawan
2. Yusril Ihza Mahendra
3. Khofifah Indar Parawansa

Baca juga:

Dino Patti Djalal Niat Temui Prabowo, Bahas Cawapres?

Survei CSIS: Jusuf Kalla Cawapres Ideal Jokowi dan Prabowo

`JK` untuk Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini