Sukses

Wiranto: Tak Ada Kompromi untuk Caleg Korup

Wiranto menegaskan, partainya tidak akan berkompromi dengan caleg yang terbukti korupsi dan mengkhianati amanat rakyat

Liputan6.com, Jakarta- Setiap calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Hanura diwajibkan mementingkan kepentingan rakyat daripada kepentingan diri sendiri atau keluarganya. Diharapkan, tidak ada lagi tempat bagi caleg Hanura yang tidak punya hati nurani.

"Kalau ada caleg dari Partai Hanura yang tidak punya hati nurani dan hanya mementingkan diri sendiri, lebih baik pulang saja," kata Ketua Umum Hanura Wiranto saat berkampanye di Lapangan Telaga, Kota Gorontalo, Rabu (2/4/2014), dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta.

Dia menegaskan, partainya tidak akan berkompromi dengan caleg yang terbukti korupsi dan mengkhianati amanat rakyat. Menurut dia, Hanura adalah partai paling bersih dari korupsi.

"Sudah 8 tahun Hanura berdiri dan survei telah membuktikan bahwa Hanura sebagai partai paling bersih dari korupsi. Dan ini menunjukkan bahwa rakyat sudah muak dengan korupsi. Salah satu alternatif ialah ketika pemimpin kita bekali dengan hati nurani. Itu bisa mencegah dia berbuat KKN," tegas Wiranto.

Mantan Panglima TNI itu menilai banyak pemangku jabatan yang khilaf sehingga melakukan KKN tapi terdapat obat khusus agar terhindar dari hal-hal negatif tersebut. Dia menegaskan perbuatan KKN adalah penyakit akhlak dan moral yang hanya bisa diobati dengan hati nurani.

Sebagai calon presiden Hanura, Wiranto juga menyatakan dirinya siap memberikan contoh dan teladan yang sebenar-benarnya. Sebagai bukti, dia menceritakan pengalamannya saat menyamar sebagai tukang becak karena ingin tahu lebih dekat dengan kondisi masyarakat bawah. Saat menyamar, ia bertemu tukang becak bernama Widodo yang sudah 30 tahun punya keinginan memiliki becak sendiri.

"Ia tidak percaya ketika saya katakan bahwa saya akan berikan becak saya. Ia baru percaya setelah saya membuka kedok penyamaran," imbuh Wiranto.

Kampanye terbuka Wiranto yang diikuti ribuan simpatisan partai itu merupakan titik ke-36 dari rangkaian kampanye di berbagai daerah dan diwarnai cuaca cerah dan langit tanpa awan.

Sebelum menuju tempat kampanye, Wiranto menyambangi kediamannya di Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Wiranto datang dengan didampingi‎ istrinya, Rugayah Usman.‎ Bone Bolango diketahui merupakan kampung halaman Rugayah yang sering disapa Uga Wiranto. (Elin Yunita Kristanti)

Baca juga:

Lagu Sik Asik Sambut Kampanye Wiranto di Bogor
Hanura Tak Yakin Raih 20% , Pasangan Win-HT Dirombak?
Wiranto: 69 Tahun Indonesia Masih Bergantung Pihak Asing

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.