Sukses

Survei LKP: Pemilih Pemula Anggap `Kaum Sarungan` Tak Gaul

Partai berbasis agama Islam kurang aktif bersosialisasi untuk mendekati anak muda dan tidak pernah menawarkan ide-ide perubahan.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Klimatologi Politik (LKP) menyatakan, pemilih pemula menilai partai berbasis Islam masih konservatif. Selain itu partai berbasis Islam atau 'kaum sarungan' kurang aktif bersosialisasi untuk mendekati anak muda dan tidak pernah menawarkan ide-ide perubahan.

"Selain partai Islam juga dikesankan sebagai partai 'kaum sarungan' yang di mata anak muda dianggap kurang gaul," kata CEO LKP Usman Rachman, saat paparan hasil surveinya di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (1/4/2014).

Usman mengatakan, meskipun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah cukup agresif mendekati kaum muda di Pemilu 2009 dan berhasil menjadi partai Islam terbaik, isu korupsi yang menjerat mantan presidennya Luthfi Hasan Ishaaq telah membuat citra partai santri perkotaan terjerembab menjadi partai papan bawah.

"Sementara PAN menjadi partai berbasis massa Islam yang relatif berhasil mendekati pemilih pemula. Elektabilitas PAN di kalangan pemilih pemula sedikit lebih tinggi dari pada tingkat elektabilitasnya," kata Usman.

Ia menjelaskan, dari temuan LKP partai berbasis massa Islam seperti PKB, PPP, PKS, PBB dan PAN elektabilitas Partai Islam masih rendah.

"PKB misalnya jika pemilu berlangsung dipilih 6,2 persen responden. Namun pemilih pemula yang memilih PKB hanya 4,8 persen. Kecenderungan yang sama juga terjadi kepada PPP, PKS, PBB," papar dia.

Usman menegaskan, pemilih pemula mengaku lebih memilih partai-partai nasionalis daripada partai Islam. Dari survei LKP ada sebanyak 77% responden berusia 16 tahun sampai 21 tahun yang memilih partai nasionalis jika pemilu dilakukan hari ini.

"Sedangkan yang mengaku akan memilih partai berbasis Islam hanya 19,2% dan sebanyak 3,8% menjawab tidak tahu," ujar Usman.

Berikut ini hasil survei elektabilitas partai politik di kalangan pemilih pemula.

1. Golkar (22,9%)
2. PDIP (20,4%)
3. Gerindra (15,6%)
4. Hanura (8,4%)
5. Demokrat (6,1%)
6. PAN (5,4%)
7. PKB (4,8%)
8. PKS (4,2%)
9. NasDem (3,6%)
10. PPP (3,6%)
11. PBB (1,2%)
12. belum memberikan jawaban (3,8%).

Survei dilakukan terhadap pemilih pemula berusia 16-21 tahun, 1.240 responden di 34 provinsi. Survei digelar mulai 16-26 Maret 2014, dengan tehnik multi-stage random sampling, dan ambang kesalahan dari survei ini adalah 2,8%, dan level of confidence 95%. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Survei LKP: Partai Islam Kurang Dilirik Pemilih Pemula

Survei PWS : Swing Voters PDIP dan Golkar Rendah

Survei CSIS: Jokowi Ungguli Prabowo

Survei PWS : Swing Voters PDIP dan Golkar Rendah

Survei INES: Elektabilitas Gerindra Unggul dari PDIP

- See more at: http://indonesia-baru.liputan6.com/read/2030715/survei-lkp-partai-islam-kurang-dilirik-pemilih-pemula#sthash.4WJURjuB.dpuf

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini