Sukses

Survei INES: Elektabilitas Gerindra Unggul dari PDIP

Dalam survei ini Partai Gerindra memperoleh angka elektabilitas 25,4 %, diikuti PDIP 21,1 %.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Network Election Survey (INES) meluncurkan hasil survei elektabilitas parpol dan capres menjelang Pemilu 2014. Dalam survei terbaru INES tersebut, Partai Gerindra menempati elektabilitas partai tertinggi.

"Kami menanyakan kepada responden, partai yang dipilih jika pemilu diadakan sekarang, responden memilih Gerindra dengan persentase sebesar 25,4 %," kata Direktur Executive INES Irwan Suhanto, di Jakarta Pusat, Senin (31/3/2014).

Irwan menuturkan, posisi kedua diikuti PDI Perjuangan dengan perolehan angka elektabilitas sebesar 21,1 %. "Selanjutnya ada Golkar dengan 18,9 %, Demokrat 7,5 % dan Hanura dengan 7,2 %," sebutnya.

Irwan menjelaskan, survei kali ini melibatkan 6.588 responden dengan metode multistage random sampling atau sampel acak. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan atau margin of error 1,21 % dengan tingkat kepercayaan 95 %.

Populasi dalam survei ini adalah warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum, yakni yang sudah berusia 17 tahun lebih atau yang sudah menikah. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang terlatih.

"Untuk wawancara lapangan dan pengisian kuesioner dilakukan sejak 14 Maret hingga 21 Maret 2014," pungkas Irwan. (Elin Yunita Kristanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.