Sukses

Temui Petani dan Pengrajin Bambu, Jokowi Tiru Bung Karno?

Gaya Jokowi saat berbincang dengan petani dan pengrajin dinilai sebagai penerapan paham Marhaenisme milik Bung Karno.

Liputan6.com, Jakarta - Capres PDIP Joko Widodo menyempatkan diri berbincang dengan para petani di pematang sawah di Desa Kauman, Ngawi, Jawa Timur dan pengrajin anyaman bambu di Magetan, Jawa Timur. Apakah yang dilakukan Jokowi itu sebagai bentuk penerapan ideologi Marhaen (Marhaenisme) Bung Karno?

"Ya memang kan di sekitar hutan Jati tadi gap (batasan) antara kaya dan miskin sangat lebar sekali," ujarnya usai pembekalan saksi PDIP di Pacitan, Senin (31/3/2014).

Marhaenisme adalah ideologi yang menentang penindasan manusia atas manusia dan bangsa atas bangsa. Ajaran ini dari pemikiran Bung Karno yang bermaksud mengangkat kehidupan rakyat kecil yaitu petani dan buruh dari cengkeraman orang kaya dan penguasa. Marhaenisme diambil dari nama seorang petani, Marhaen, yang menjadi inspirasi Bung Karno pada tahun 1926-1927.

Maka Jokowi yang mengakui Bung Karno sebagai mentornya menyetujui bahwa petani seharusnya diberikan perhatian lebih agar batasan antara kaya dan miskin tersebut tidak terus melebar. "Itulah pentingnya seorang pemimpin memiliki ideologi, memegang nilai, dan memegang prinsip," tegasnya.

Mengenai pose yang mirip Bung Karno ketika berbincang dengan pata petani Kauman yang sedang menanam padi, Jokowi mengaku hal itu timbul karena insting. "Ya saya hanya ini aja. Nandur-nandur. Ya memang secara alami insting saya mengatakan saya harus bertanya. Dan saya meloncat dari mobil. Itu aja," jelasnya. (Rizki Gunawan)

Baca juga:

Kunjungi Pengrajin di Magetan, Jokowi Bicara `Jurus` Berdagang

Jongkok di Pematang Sawah, Jokowi Menyapa Petani

Disebut `Boneka` Megawati, Ini Komentar Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi