Sukses

Jongkok di Pematang Sawah, Jokowi Menyapa Petani

Para petani yang mayoritas kaum ibu itu kaget, saat melihat Jokowi menghampiri mereka yang sedang menanam bibit padi di sawah.

Liputan6.com, Ngawi - Capres PDIP Joko Widodo mengunjungi situs bersejarah di Desa Kauman, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Usai kunjungan itu, pria yang karib disapa Jokowi itu menuju ke Pacitan. Di tengah perjalanan, ia menyempatkan diri menyapa sejumlah petani di sawah.

Jokowi yang mengenakan pakaian khasnya --kemeja putih dan celana bahan hitam-- itu berhenti tepatnya di Dusun Dirgo di Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi. Para petani yang mayoritas kaum ibu itu pun kaget, saat melihat mantan Walikota Surakarta itu menghampiri mereka yang sedang menanam bibit padi.

"Saya ini sampai usia 16 tahun masih suka ke sawah lho waktu di Solo," sapa Jokowi kepada para petani yang mengenakan topi caping itu, Ngawi, Jawa Timur, Senin (31/3/2014).

Belasan petani tersebut langsung menyalami Jokowi. Sambil duduk berjongkok di pematang sawah, ia mengajak berbincang-bincang para petani berbahasa Jawa. Sesekali terdengar gelak tawa dari para petani saat mendengar ocehan Jokowi yang memegang segenggam bibit padi.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan Jokowi untuk mendengarkan aspirasi 'wong cilik' itu. Ada yang mengeluh tentang saluran irigasi, bibit, hingga kesejahteraan mereka. Setelah puas mengobrol, Jokowi melanjutkan perjalanan bersama rombongan.

Apakah sikap Jokowi itu bagian dari bentuk adopsi ideologi Marhaen (Marhaenisme) Bung Karno? Marhaenisme adalah ideologi yang menentang penindasan manusia atas manusia, dan bangsa atas bangsa.

Ajaran ini dari pemikiran Bung Karno yang bermaksud mengangkat kehidupan rakyat kecil, yaitu petani dan buruh dari cengkeraman orang kaya dan penguasa. Marhaenisme sendiri diambil dari nama seorang petani, Marhaen, yang menjadi inspirasi Bung Karno pada masa 1926-1927.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini