Sukses

Sebut Pitung Simbol Perlawanan, Jokowi Dituntut Minta Maaf

Gubernur Jokowi mendeklarasikan diri sebagai capres di Rumah Pitung, Marunda, Jakarta Utara pada 14 Maret 2014 pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mendeklarasikan diri sebagai capres di Rumah Pitung, Marunda, Jakarta Utara pada 14 Maret 2014 pekan lalu. Jokowi mengaku memilih lokasi itu karena menurut dia, Pitung merupakan simbol perlawanan.

Hal itulah yang dirasa tidak tepat oleh komunitas Betawi. Keberatan itu disampaikan cicit dari guru Pitung, Muhammad Rifqi. Dirinya meminta Jokowi meminta maaf atas pernyataan Pitung sebagai simbol perlawanan.

Pria yang akrab disapa Eki Pitung itu menjelaskan, perlawanan yang dimaksud Jokowi jelas menyimpang dari perlawanan yang dilakukan Pitung semasa hidup. Terlebih hal itu dilakukan di lokasi cagar budaya pahlawan Betawi.

"Kalau Pitung jelas melawan pemerintah kolonial Belanda bukan saudara sebangsa dan kita semua tahu siapapun yang mencalonkan sebagai presiden merupakan anak bangsa. Ini jelas salah," kata Eki di rumah Pitung, Jumat (21/3/2014).

Menurut Eki, lokasi deklarasi juga dinilai tidak tepat. Seharusnya cagar budaya dan simbol kepahlawanan tidak boleh dicampuradukan dengan kepentingan golongan. Karena itu, dirinya mendesak Jokowi untuk meminta maaf pada masyarakat Jakarta.

"Jokowi harus meminta maaf atas kepada seluruh masyarakat Betawi atas kekeliruan yang telah disampaikan atas figur Pitung," ujarnya.

Pria yang mengaku sebagai Pengurus Badan Musyawarah (Bamus) Betawi itu akan menunggu permintaan maaf dari sang Gubernur. Pihaknya akan memberi waktu selama 7 hari ke depan.

"Saya sudah musyawarah dengan pengurus Bamus lainnya, kalau pernyataan ini tidak digubris, kami akan mengerahkan kekuatan lebih besar dan menduduki Balaikota untuk mendesak Jokowi meminta maaf," tandas Eki. (Muhammad Ali)

Baca juga:

Jokowi `Copras-Capres`

Capres PDIP Jokowi: Rumah si Pitung Simbol Perlawanan

Jokowi Capres PDIP, Ruhut: Ngacalah... Jangan Bohongi Rakyat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pitung