Sukses

Capres PDIP Jokowi: Rumah si Pitung Simbol Perlawanan

Berkali-kali pertanyaan tak dijawab. Mengapa Jokowi memilih Rumah si Pitung. Sampai akhirnya desakan pertanyaan itu dijawab.

Liputan6.com, Jakarta - Jokowi memilih Rumah si Pitung sebagai tempat deklarasi diri siap menjadi calon presiden dari PDIP. Mengapa Jokowi memilih simbol Rumah si Pitung sebagai tempat untuk mendeklarasikan diri itu?

Gubernur DKI bernama lengkap Joko Widodo itu lama menjawab. Usai deklarasi sambil mencium bendera Merah Putih di Rumah si Pitung di Marunda, Jakarta Utara, Jokowi langsung menuju rumah susun Marunda, Jumat (14/3/2014).

Berkali-kali pertanyaan tak dijawab. Mengapa Jokowi memilih Rumah si Pitung. Sampai akhirnya desakan pertanyaan itu dijawab oleh mantan Walikota Solo. "Pertama, kebetulan aja kita ke Marunda," jawab Jokowi diplomatis.

Jokowi masih enggan membeber alasan kenapa harus Rumah si Pitung yang dipilih sebagai saksi deklarasi Jokowi. Sampailah Jokowi pada titik buka mulut.

"Kenapa di Rumah si Pitung? Karena di situ adalah simbol perlawanan," jawab Jokowi.

Apakah artinya perlawanan terhadap penguasa yang sewenang-wenang? "Itu simbol perlawanan," ulang Jokowi.

Tak ada lagi pernyataan yang disampaikan. Jokowi memilih menuju kantin di lantai dasar Rusun Marunda. Berbincang dengan warga dan bertanya apa permasalahan yang kini dihadapi warga rusun. (Ismoko Widjaya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini