Sukses

Sambangi PP Muhammadiyah, Jokowi `Lirik` Din untuk Cawapres?

Jokowi an Din Syamsuddin mengaku sudah lama saling kenal. Bahkan saat Jokowi masih menjadi Walikota Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Jokowi mendatangi Kantor Pengurus Pusat Muhammadiyah di Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat. Pertanyaan pun muncul, apakah Jokowi yang baru saja dideklarasikan sebagai calon presiden PDIP itu akan menggandeng Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin untuk menjadi calon wakil presidennya?

Jokowi menampik rumor itu. Pria bernama lengkap Joko Widodo itu mengatakan kunjungan itu dilakukan karena sudah lama mengenal Din Syamsuddin, bahkan sejak masih menjabat sebagai Walikota Solo.

"Nggak. Nggak ngomong cawapres. Tapi waktu saya di Solo, kedekatan saya dan Pak Din sudah lama. Bukan karena sekarang baru jadi gubernur. Dengan Muhammadiyah juga, Solo dan sekitarnya, saya sudah dekat," kata Jokowi di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (20/3/2014).

Sementara Din Syamsuddin juga mengatakan belum membahas masalah calon wakil presiden dalam pertemuan ini. "Belum. Mungkin pada waktunya," ujar Din.

Menurut Din, dirinya memang telah lama mengenal Jokowi. Din mengaku sudah akrab sejak Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo. "Pak Jokowi nggak banyak yang tahu bahwa dia sudah akrab dengan Muhammdiyah sejak jadi Walikota di Solo. Paling tidak acara Muhammadiyah yang saya datangi beliau selalu ada, sehingga saya kenal," ucap dia.

Bahkan, tambah Din, istri Jokowi, Iriana Widodo telah membangun sebuah rumah tradisional Jawa (Joglo) berukuran besar di Kompleks SD Alam Muhammadiyah, Solo. Inilah yang disebut sebagai bukti kedekatan Din dengan Jokowi.

"Saya juga berterimakasih kepada Bu Iriana. Bangun Joglo di mana Muhammadiyah punya SD alam. Saya kira juga Beliau (Jokowi) pernah ke sana. Saya diinformasikan dari bu Jokowi. Nah, sampai sedekat itu lho hubungannya," terang Din. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Jokowi Mendekati? Din: Kami Beri Kebebasan ke Warga Muhammadiyah

Jokowi Jadi Imam Salat Zuhur di Masjid PP Muhammadiyah

Sejumlah Tokoh Temui Jokowi Bicara Cawapres

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini