Sukses

<i>Rock The Vote</i> `Buka Mata` Pemilih Muda

Acara yang dihadiri mahasiswa dan pelajar ini, memberikan penjelasan masalah politik, khususnya seputar visi-misi capres dari 6 parpol.

Liputan6.com, Yogyakarta - Banyak cara menggaet pemilih muda. Termasuk sosialisasi visi dan misi masing-masing partai politik. Seperti di Yogyakarta. Ada cara meminimalisir golput dalam Pemilu April mendatang melalui kegiatan 'Rock The Vote'.

"Tujuannya memberikan pendidikan politik bagi pemilih pemula, agar tidak golput. Nanti akan ada penjelasan bahwa politik tidak sesuai yang mereka bayangkan yang penuh dengan korupsi. Intinya, agar golput tidak tinggi," kata Ketua panitia Rock The Vote, Sakir di Sportorium Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta, Selasa (18/03/2014).

Di sini, mahasiswa dan pelajar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkumpul mendengarkan orasi seputar visi-misi capres dari 6 parpol. Kegiatan yang digelar Center for Election and Political Party UMY ini bertujuan untuk memberikan pendidikan politik bagi pemilih pemula. Tujuannya, agar tidak golput dalam pemilu 2014.

Para calon pemilih pemula mendapat penjelasan politik. Bahwa, politik tidak seburuk bayangan mahasiswa yang selama ini penuh korupsi.

Sakir menjelaskan, ada 37 kampus di Indonesia yang menggelar kegiatan yang sama di UMY. Dalam kegiatan Rock the Vote ini, mahasiswa dan pelajar akan dibagi menjadi 16 kelompok yang akan dipandu tutorial. Tutor ini nantinya menjelaskan tentang hal yang berkaitan dengan politik dan pemilu.

"Intinya, dari sosialisasi pemilu ini nanti mahasiswa dibagi menjadi 16 kelompok yang dibagi dalam tutor. Tutor ini nantinya menjelaskan demokrasi itu apa, politik itu apa, pemilu itu apa. Selain itu, nanti ada simulasi pengambilan suara, ada bilik suara, dan 8 TPS," contoh Sakir.

Shanti, mahasiswa UMY mengatakan terbantu dengan kegiatan ini, karena dirinya mendapat penjelasan ketika akan memilih nanti. Termasuk, mencari tahu siapa calon legislatif yang ada dan mengetahui rekam jejaknya.

"Bagus soalnya saya baru kali pertama kali akan memilih nanti. Jadi tahu prosesnya apa saja, termasuk mencar tahu dulu siapa caleg dan track record-nya", ujar Shanti. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Cara PKS Gaet Pemilih Pemula Saat Kampanye Awal

Survei: PDIP Kuasai Pemilih Pulau Jawa, Golkar Luar Jawa

Survei: Poros Tengah Jilid II Mampu Bersaing

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.