Sukses

Tak Hanya Menteri, 12 Kepala Daerah Juga Cuti untuk Kampanye

Selain kepala daerah, ada juga wakil kepala daerah yang mengajukan cuti, yakni Wagub Sulbar Aladin S Mengga dan Wagub Sumsel Ishak Melki.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang pemilu 2014, sejumlah pejabat yang sekaligus politisi mulai mempersiapkan diri untuk berkampanye. Sebanyak 12 kepala daerah mengajukan cuti kepada Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi untuk mengikuti kampanye pemilihan anggota DPR, DPD dan DPRD.

"Kepala daerah sudah ada 12 orang yang mengajukan permohonan izin cuti dan semuanya sudah saya tandatangani," kata Gamawan di Jakarta, Kamis (13/3/2014).

Menurut Gamawan, pasangan kepala daerah yang mengajukan cuti, seperti di Sumatera Selatan dan Sulawesi Barat, tidak boleh mengambil cuti pada waktu bersamaan. Supaya penyelenggaraan pemerintahan daerah tidak terganggu.

"Kalau gubernurnya sedang cuti kampanye, wakilnya harus menjalankan tugas gubernur saat itu. Tidak boleh bersama-sama kampanyenya," ujar Gamawan.

Selain itu, Gamawan mengimbau kepada seluruh pejabat negara di daerah, agar tidak menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye.

Semantara Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Didik Suprayitno menjelaskan, kepala daerah yang meminta izin cuti untuk kampanye antara lain Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Selain itu, Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, Gubernur Kalimantan Selatan Rudi Arifin, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh yang mengajukan cuti untuk ikut kampanye.

"Kalau wakilnya yang mengajukan cuti ada 2, Wagub Sulawesi Barat Aladin S Mengga dan Wagub Sumatera Selatan Ishak Melki," ungkap Didik.

Sejumlah menteri juga sebelumnya ramai-ramai mengajukan izin cuti untuk berkampanye. Setidaknya, ada 3 menteri yang sudah berencana mengajukan cuti.

Ketiganya, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Azwar Abubakar, serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarief Hasan. (Ant/Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Kampanye Unik si Penjual Racun Tikus Palembang

Mimpi Calon Wakil Rakyat Bermodal Cekak

Musim Kampanye, Menteri Ramai-ramai Ajukan Cuti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini