Sukses

Jokowi Ziarah Makam Bung Karno pada Hari Kerja, Ini Kata Ahok

Jokowi berziarah ke makam Bung Karno di Blitar Jawa Timur, Rabu kemarin. Ia pergi bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta - Ahok mengaku tidak mengetahui kepergian Jokowi ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur. Termasuk, pertemuan Gubernur DKI Jakarta itu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di makam presiden pertama Indonesia itu.

"Masa? Bukannya kalian nungguin. Aku nggak tahu loh Beliau ke Blitar," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu di Balaikota, Kamis (13/3/2014).

Ahok bahkan bertanya kepada wartawan tentang tujuan Jokowi ke makam Bung Karno. Sebab, dia mengaku sama sekali tak diberi kabar oleh sang gubernur. "Tahu dari mana? Acara apa? Partai? Ke Bung Karno? Oo... Bung Karno kan Sang Ideolog," imbuh pria berkaca mata itu.

Saat ditanya bagaimana pandangannya terhadap Jokowi yang berkunjung ke makam Bung Karno pada hari kerja, Ahok mengatakan sebagai pejabat politik, itu tidak jadi soal.

"Kalau kepala daerah tidak berlaku semua hukumnya birokrat. Kita kan bukan PNS. Kita kan pejabat politik. Kita juga nggak ada waktu cuti. Kapan kita off, bisa," ujar Ahok.

Kementerian Dalam Negeri menyatakan belum menerima surat pengajuan izin dari Jokowi terkait kunjungan pada hari kerja ke makam Bung Karno itu. Kemendagri masih akan mengecek ke Pemprov DKI untuk menentukan apakah kunjungan Jokowi itu melanggar aturan atau tidak.

Sementara, Jokowi mengatakan telah menyelesaikan segala pekerjaan di Jakarta sebelum berangkat ke Blitar. Dia baru terbang ke Jawa Timur pada pukul 10.00 WIB Rabu kemarin setelah merasa pekerjaannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada hari itu sudah rampung. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Kemendagri Belum Terima Izin Jokowi ke Blitar

Belum Kantongi Izin Mendagri untuk ke Blitar? Ini Kata Jokowi

Ziarah ke Makam Bung Karno Mendadak atau Terencana? Jokowi Bingung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • PDIP