Sukses

Kemendagri Belum Terima Izin Jokowi ke Blitar

Untuk menentukan apakah ada unsur pelanggaran atau tidak dari Jokowi, Kemendagri harus melakukan pemeriksaan lebih dulu.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi tiba-tiba mendadak hilang dari kantornya di Balaikota DKI Jakarta. Rupanya seharian ini Jokowi bersama dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Jokowi dan Megawati berziarah ke makam Presiden Pertama RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur.

Terkait kepergian Jokowi saat jam kerja, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri Didik Suprayitno mengatakan, belum menerima surat izin dari Jokowi yang menjalani aktivitasnya di luar pekerjaannya.

"Belum ada pengajuan izin, saya justru baru dengar dan tahu sekarang-sekarang ini," ujar Didik saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (12/3/2014).

Lantas apakah kegiatan Jokowi saat jam kerja bersama para tokoh PDIP hari ini melanggar aturan atau tidak? ‎Didik tidak bisa memastikannya. Untuk menentukan apakah ada unsur pelanggaran atau tidak, pihaknya harus melakukan pemeriksaan lebih dulu.

"‎Bagusnya sih dicek dulu ke Pemprov DKI, urusan dinas atau ngapain beliau di sana. Kalau dinas ya nggak apa-apa, kita juga belum tahu apa itu kegiatan di luar atau bukan," kata Didik.

Yang jelas, kata Didik, bila kegiatan Jokowi tersebut mengandung unsur kampanye, secara tegas ia mengatakan hal tersebut telah melanggar aturan.

‎"Kalau kepala daerah yang keluar kota banyak. Yang jelas bila‎ belum waktunya kampanye, lalu melakukan kegiatan mengandung usur kampanye, ya melanggar, pasti disemprit Bawaslu," ucapnya. ‎
‎
Didik mengatakan, Kemendagri telah menerima surat pemberitahuan Jokowi akan menjadi juru kampanye (jurkam) selama masa kampanye PDIP yang akan dilakukan setiap akhir pekan. "Kalau surat pemberitahuan itu sudah dikirim, tapi kalau yang tadi dibilang hari ini, tidak ada," tandas Didik. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Ziarahi Makam Bung Karno, Jokowi Minta Restu Nyapres?

Jokowi Ziarah Makam Bung Karno, Hasto PDIP: Tak Terkait Pencapresan

Berbaju Putih, Jokowi ke Makam Bung Karno Bersama Mega

Ditanya Soal Ziarah Makam Bung Karno, Jokowi Hanya Tersenyum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini