Sukses

PKB Ingin Berkoalisi, PDIP: Boleh Asal Terima AD/ART

PDIP membuka ruang jika Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ingin berkoalisi pada Pemilihan Presiden mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP membuka ruang jika Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ingin berkoalisi pada Pemilihan Presiden mendatang. Namun, PDIP memberikan syarat, partai yang ingin berkoalisi harus tunduk pada Angaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) mereka.

"Apapun aliran pemikirannya boleh masuk ke PDIP sepanjang mau menerima AD/ART," kata Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basara di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/3/2014).

Menurut Basara, ketertarikan partai lain untuk berkoalisi dengan PDIP karena prediksi bahwa partainya akan mendapat kepercayaan dari masyarakat pada Pemilu 2014 ini. Sehingga, banyak partai yang tertarik untuk berkoalisi.

"Kalau ada partai politik yang ada merapat ke PDIP itu mungkin mereka mempertimbangkan PDIP akan mendapat kepercayaan rakyat di pemilu ini. Jadi wajar-wajar saja sepanjang tidak bermotivasi untuk mendapatkan kue-kue kekuasaan," ucap Basara.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB Marwan Jafar mengatakan partainya menjadikan PDIP sebagai salah satu pilihan untuk berkoalisi dalam pilpres. PKB bahkan sudah menjalin komunikasi dengan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

Namun demikian, Marwan enggan menyebut siapa nama capres dan cawapres yang layak diusung di Pilpres nanti. Menurutnya, keputusan itu baru akan dibicarakan setelah hasil perolehan suara Pemilu Legislatif diketahui. (Raden Trimutia Hatta)

Bac ajuga:

PKB Siap Koalisi Meski dengan Oposisi

Hadapi Pemilu 2014, PKB Buka Pintu Koalisi dengan PDIP

PKB Ajak Koalisi, Puan: Alhamdulillah PDIP Banyak Peminatnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini