Sukses

Konvensi Capres Demokrat Sebabkan Kemacetan Parah di Bogor

Ribuan simpatisan dari masing-masing peserta konvensi memadati Jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor.

Liputan6.com, Bogor - Perhelatan debat peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat di Gedung Puri Begawan, Kota Bogor, membuat jalanan menjadi macet. Ribuan simpatisan dari masing-masing peserta konvensi memadati Jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor. Antrean kendaraan mengular hingga 1 kilometer.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Minggu (2/3/2014), Dahlan Iskan merupakan peserta konvensi dengan massa pendukung terbanyak. Para pendukung Dahlan Iskan menggelar panggung di pinggir Jalan Pajajaran, tepatnya di depan bekas Gedung Pangrango Plaza.

Setelah itu, mereka melakukan aksi longmarch menuju depan lokasi acara konvensi yang jaraknya sekitar 2 kilometer. Kemacetan parah tak terhindarkan.

Tak hanya pendukung Dahlan Iskan, pendukung Anies Baswedan juga ikut memadati Jalan Raya Pajajaran. Dengan kaos dan ikat kepala berwarna merah, para pendukung Anies bernyanyi-nyanyi dan berorasi di depan Gedung Puri Begawan.

Kondisi macet teresebut dikeluhkan para pengguna jalan yang melintas dari mulai Ciawi hingga Warung Jambu maupun sebaliknya. "Nggak ada bagusnya acara kaya konvensi kayak gini, belum kampanye dan belum tentu jadi saja sudah berani menutup jalan," kata salah satu pengguna jalan, Kasto.

Kemacetan juga dikeluhkan para sopir angkot, mereka bahkan mengecam kegiatan tersebut. Mereka mengeluh karena lokasi yang digunakan untuk menggelar konvensi rawan dengan kemacetan.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bogor Adhi Daluputra mengatakan acara dimulai pukul 14.00 WIB dibuka langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

"Masing-masing capres diperkenankan membawa masuk pendukungnya sebanyak 60 orang. Jadi kalau peserta capresnya ada 11, sekitar 660 pendukung akan memenuhi Gedung Puri Begawan ini," kata Adhi yang juga panitia acara konvensi.

Dia menambahkan, konvensi di Kota Bogor kali ini akan berbeda dengan 6 kota sebelumnya. "Hari ini, para kandidat capres akan langsung berdebat seluruhnya. Di kota sebelumnya dibagi dua," tutur dia.

Menurutnya, debat konvensi kali ini mengambil tema hubungan internasional dan kesejahteraan rakyat. Sudah dipastikan 11 kandidat peserta konvensi capres yakni Anies Baswedan, Dahlan Iskan, Letnan Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo.

Selain itu, hadir pula Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto, Dino Patti Djalal, Marzuki Alie, Irman Gusman, Haryono Isman, S.H. Sarundajang, dan Gita Wirjawan akan hadir. "Pesiapan segala sesuatunya sudah kami lakukan sejak H-2. Konvensi di Kota Bogor ini uniknya akan dihadiri langsung presiden SBY," ujar Adhi.

 

Baca juga:

Minim Publikasi, Konvensi Partai Demokrat Dikritik Peserta

Survei: Dahlan-Gita Bersaing Ketat di Konvensi Demokrat

Hadapi Debat Konvensi Demokrat di Bogor, Pramono Edhie PD Persiapan Lebih Matang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.