Sukses

Survei: Dahlan-Gita Bersaing Ketat di Konvensi Demokrat

Hanya ada 2 nama yang bersaing untuk menjadi yang teratas, yakni Menteri BUMN Dahlan Iskan dan mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Liputan6.com, Jakarta - Konvensi Partai Demokrat untuk mencari calon presiden terus bergulir. Dari 11 peserta, hanya ada 2 nama yang bersaing untuk menjadi yang teratas, yakni Menteri BUMN Dahlan Iskan dan mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

"Apabila rangkaian Konvensi Partai Demokrat berakhir hari ini, maka hanya akan ada 2 figur yang dipastikan bersaing menjadi pemuncak, yaitu Dahlan Iskan dan Gita Irawan Wirjawan. Butuh kerja ekstra keras bagi 9 peserta konvensi lainnya untuk bisa menyalip Dahlan dan Gita," ujar peneliti Politica Wave Yose Rizal dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (27/2/2014).

Politica Wave melakukan survei dengan memonitor jutaan percakapan di media sosial dalam kurun 1 Januari hingga 16 Februari 2014. Total percakapan (share of voice) dari 11 kandidat konvensi selama 6 minggu sejak 1 Januari adalah 766,622 buzz atau percakapan di media sosial.

"3 Kandidat yang memiliki share of voice terbesar adalah Dahlan Iskan (29%), Gita Wirjawan (24%), dan Marzuki Alie (19%)," jelas Yose.

Sementara untuk kategori nama kandidat konvensi yang sering diberitakan dan kategori percakapan positif muncul nama lain, yaitu Pramono Edhie Wibowo dan Anies Baswedan. Namun keduanya masih belum mampu mengalahkan Dahlan dan Gita di media sosial.

"3 Kandidat dengan headline positif terbesar adalah Dahlan Iskan (931 berita), Gita Wirjawan (550 berita), dan Pramono Edhie (285 berita). Untuk 3 kandidat dengan nilai net sentimen terbesar atau percakapan positif terbanyak adalah Dahlan Iskan (41.609), Gita Wirjawan (24.256), dan Anies Baswedan (16.316)," tandas Yose.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.