Sukses

Pengamat: Zulkifli Hasan Jadi Ketua, MPR Siap-siap Gagal

Zulkifli Hasan, mengaku masih tak percaya dirinya saat ini telah resmi menjabat sebagai Ketua MPR RI periode 2014-2019.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan kini menduduki kursi sebagai Ketua MPR periode 2014-2019. Namun kepemimpinannya di parlemen ini dinilai bakal gagal.

"Siap-siap MPR bakal gagal," kata pengamat politik dari Universitas Indonesai (UI) Arbi Sanit kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (8/10/2014)

Penilaian Arbi ini berdasarkan kinerja Zulkifli selama menjadi Menteri Kehutanan pada periode pemerintahan Presiden SBY. Dia menilai, selama menjadi menteri, Zulkifli tak membuat gebrakan apapun.

"Kalau dilihat menteri kehutanan dalam 5 tahun terakhir kedodoran, asap nggak bisa diurus, hutan ada nggak bisa urusin, lalu pembalakan hutan juga nggak turun-turun. Lalu pengurangan hutan, lalu binatang gajah-harimau dibunuh," ujar dia.

"Banyak kegagalannya," imbuh dia.

Sementara itu, anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, mengaku masih tak percaya dirinya saat ini telah resmi menjabat sebagai Ketua MPR RI periode 2014-2019. Kursi pimpinan itu diperolehnya melalui voting atau pemungutan suara dalam sidang paripurna MPR yang berlangsung sejak Selasa 7 Oktober hingga Rabu dini hari, 8 Oktober 2014.

"Rasanya seperti tersambar petir karena memang tidak punya cita-cita," ucap Zulkifli Hasan yang merupakan  usulan Koalisi Merah Putih (KMP).

Sari hasil penghitungan suara, paket usulan pimpinan MPR dari KMP mendapatkan 347 suara dari total 678 suara. Mengalahkan usulan paket dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang hanya mendapatkan 330 suara, dengan 1 abstain. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.