Sukses

Anies: Kawalpemilu.org Juara Olimpiade Matematika Terobosan Baik

Anies menilai, partisipasi publik dalam demokrasi seperti yang dilakukan situs kawalpemilu, harus terus 'dirawat'.

Liputan6.com, Jakarta Juru bicara pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK), Anies Baswedan mengapresiasi kerja relawan pemantau Pemilu. Sebab Pilpres kali ini menunjukkan keterlibatan aktif masyarakat.

Mantan Ketua Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu mengatakan, salah satu yang membuktikan hal tersebut adalah tingginya tingkat partisipasi warga dalam pemantauan hasil Pemilu.

"Terobosan baik dalam Pemilu dan demokrasi kita adalah masyarakat mengawasi Pemilu secara aktif," ujar Anies dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/7/2014).

Penggagas Gerakan Indonesia Mengajar ini mengatakan, contoh yang paling nyata yakni situs kawalpemilu.org. "Situs ini membuktikan bahwa ikhtiar pemuda untuk terlibat aktif dalam demokrasi tak perlu diragukan lagi."

"Situs ini dibuat dan dirawat oleh anak muda dengan partisipasi aktif masyarakat dalam pelaporan data penghitungan suara," tambahnya.

Anies menilai, partisipasi publik dalam demokrasi seperti yang dilakukan situs kawalpemilu, harus terus 'dirawat'.

Sambut Ajakan SBY

Laman kawalpemilu.org dibuat Ainun Najib, seorang juara Olimpiade Matematika yang juga lulusan Nanyang Technological University (NTU).

Menurut Ainun, situs ini dibuat untuk menyambut ajakan Presiden Suslio Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengawal proses penghitungan suara.

"Kedua capres juga menyerukan untuk mengawal. Kita lihat datanya tersedia, dan secara teknologi informasi bisa dikerjakan," ujar Ainun.

Ainun mengaku, ada sekitar 700 relawan yang berkontribusi menginput data. "Ini semua gratis," ujarnya saat ditanya asal sumber dana proyek ini.

Sampai Rabu 16 Juli kemarin, laman kawalpemilu.org menempatkan Jokowi-JK unggul dengan 52,83%, mengalahkan Prabowo-Hatta dengan perolehan 47,16%.

Baca juga:

KPU Minta Publik Turut Pantau dan Sabar Tunggu Hasil Pilpres

Kembali Tegaskan Sikap Netral, SBY: Saya Ada di Tengah

Jokowi: Kawal Penghitungan Suara Hingga Hasil Resmi KPU Keluar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.