Sukses

Pertemuan Jokowi dan Iwan Fals Dinilai Bangkitkan Mitos Jawa

Pertemuan Jokowi dengan Iwan Fals diibaratkan perjumpaan Empu Barada dan Raja Airlangga di era Mataram Kuno.

Liputan6.com, Depok - Pertemuan Joko Widodo atau Jokowi dengan Iwan Fals ibarat perjumpaan Empu Barada dan Raja Airlangga di era Mataram Kuno. Pertemuan yang digagas kelompok Empu Baheula dikatakan Bramantyo Prijo Susilo untuk menghidupkan kembali `mayat Kediri` yang bergelimpangan berawal dari gagasan kelompok Mpu Baheula.

"Bahwa Jokowi mengadakan blusukan ke seniman-seniman kami sangat senang. Kami usul bagaimana kalau blusukan pertama ke Iwan Fals, seniman tradisional, dan seniman lainnya seperti tokoh adat," kata Bramantio saat pengantar di kediaman Iwan Fals, Desa Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Kamis (3/4/2014) malam.

Bramantio menepis bahwa pertemuan itu sebagai dukungan terhadap Jokowi sebagai calon presiden dari PDIP. Namun dia melihat sang Gubernur DKI itu banyak mendapat dukungan dari rakyat, secara masif dan bukan partai politik.

"Pak Jokowi dan Bang Iwan sinergi yang sangat kuat untuk membangkitkan jiwa dan badan bagi bangsa Indonesia," ungkap dia.

Dalam pertemuan itu selain hadir komunitas seniman Empu Baheula, dan Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi juga dihadiri keluarga Iwan Fals, serta politisi PDIP Eva K. Sundari dan Ketua MPR Sidarto Danusubroto.

Sidarto dalam pertemuan itu memuji Jokowi dan Iwan Fals sebagai sosok pemimpin yang saling melengkapi dan membina keluarga.

"Kalau saya hadir di acara ini karena sebagai Presidium Seknas Jokowi karena kedua tokoh banyak kesamaan. Bangsa ini haus keteladanan, perlu leadership (kepemimpinan) dan ini sebagai sampel orang jujur yang sederhana," ujar dia.

Dia menilai bahwa kedua orang ini meneladani bidangnya masing-masing, Jokowi bidan leadership, sedangkan Iwan Fals sebagai seniman dan budayawan.

"Keduanya sosok yang meneladani, produktif dan pengagum banyak orang. Tanpa publikasi berbulan-bulan mereka sudah dikagumi banyak orang. Mereka tokoh membina keluarga yang sejuk. Membina keluarga yang baik," tandas dia.

Baca juga:

Jokowi Sambangi Kediaman Iwan Fals
Jokowi Temui Iwan Fals Nanti Malam
Jadi Cawapres Jokowi? Jenderal Moeldoko Tersenyum
Jokowi Vs Prabowo Gairahkan Pemilu 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini