Sukses

Cegah Curang Penghitungan Suara, Jokowi: PDIP Awasi Pakai IT

PDIP akan menyiapkan sistem teknologi informasi elektronik, guna mengawal dan mengawasi perhitungan suara di TPS.

Liputan6.com, Sukabumi - PDI Perjuangan (PDIP) akan menyiapkan sistem teknologi informasi elektronik, guna mengawal dan mengawasi perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia.

Bakal Capres PDIP Joko Widodo mengatakan, sistem pemantauan TPS secara elektronik itu akan mulai diterapkan pekan depan. Nantinya, pengawasan berbasis IT itu dipusatkan dalam satu ruangan.

"Nanti saya ajak media ke ruangan yang akan handle kawal TPS berbasis IT, karena kita akan awasi dengan IT. Kita bangun 5 hari ini, bagaimana mengamankan pemilu jujur bersih tidak ada kecurangan," jelas Jokowi di kantor DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (27/3/2014) malam.

Hal itu dilakukan PDIP, lanjut Jokowi, karena berkaca pada pengalaman ketika pemilu 2004 dan 2009 yang dinilainya banyak terjadi kecurangan penghitungan suara di TPS. Maka itu, PDIP rela menginvestasikan sistem ini, untuk mengamankan pemilu agar bersih dan adil.

"Pengalaman 2004, 2009. Banyak sekali terjadi (kecurangan). Kalau tidak diingatkan sekarang terulang lagi, dilakukan pada orang yang sama," pungkas Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga:

Jadi Capres PDIP, Jokowi: Duit Tidak Siap, Bodi Tak Punya

Jokowi Ingin PDIP Raih 35% Suara dalam Pemilu

Jokowi: Saya Lebih Ganteng dari Tukul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini