Sukses

Jokowi Ingin PDIP Raih 35% Suara dalam Pemilu

"Kalau dapat 20% yang berat presidennya. Paling tidak di atas 35 persen itu kita akan kuat," kata Jokowi.

Liputan6.com, Sukabumi - Jokowi berharap PDIP mampu meraup 35% suara dalam Pemilu 9 April mendatang. Calon Presiden PDIP bernama lengkap Joko Widodo itu merasa 20% suara belum membuatnya aman, baik untuk pencalonan maupun saat menjadi presiden.

"Kalau dapat 20% yang berat presidennya. Paling tidak di atas 35 persen itu kita akan kuat. Di survei minimal kita dapatkan 36%," kata Jokowi di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis malam (27/3/2014).

Jika mendapat 35% suara, PDIP tak perlu koalisi untuk mengusung calon presiden. Dengan suara sebanyak itu, jika dirasa masih perlu koalisi, maka tak perlu melibatkan banyak partai.

"Kalau di atas 35% cari kawan tidak usah banyak-banyak tapi betul yang bisa diajak berkawan. Sehingga koalisi yang punya platform ideologi sama," ujar dia.

Dengan suara sebanyak 35% itu dinilai sudah mampu memperkuat posisinya di parlemen. Sehingga, segala kebijakannya nanti bisa mendapat dukungan kuat dari parlemen.

"Saya tidak mau lobi-lobi dan transaksi. Kita butuh parlemen kuat. Jadi kebijakan dapat diajukan dengan dukungan parlemen," kata Jokowi.

"Karena presiden percuma kalau di Dewan sangat kecil. Berat kelola negara dengan parlemen kecil," tambah dia.

Sehingga Pemilu Legislatif 9 April mendatang merupakan penentuan PDIP untuk 5 tahun ke depan. Maka, dia pun meminta dukungan penuh dari relawan dan masyarakat untuk memuluskan perjuangan di Pemilihan Umum.

"Tetapi dengan dukungan saudara sekalian dengan semangat yang tadi saya lihat Moga-moga 9 April menang," ujar Jokowi di hadapan Paguyuban Timbul Sehati yang menyatakan dukungan kepadanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.