Sukses

Ragam Cara Caleg, Turun ke Sawah Hingga Ziarah Kubur

Peserta kampanye ditilang polisi. Caleg Golkar terjun ke sawah untuk tanam padi. Cucu Bung Karno berziarah.

Liputan6.com, Klaten - Ulah massa yang mengendarai sepeda motor untuk mengikuti kampanye terbuka di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah tidak ditolerir polisi. Pengendara maupun kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas langsung dihentikan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (20/3/2014), sebagian pengendara yang akan mengikuti kampanye Partai Golkar ini sempat kelabakan sehingga berusaha kabur dari cegatan polisi.

Pengendara yang terkena razia ada yang tidak menggunakan helm, atau sepeda motor menggunakan knalpot bolong sehingga menimbulkan kebisingan. Menurut Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Sukmawati yang memimpin razia, tak ada yang diistimewakan dalam razia ini.

Dalam razia ini, puluhan sepeda motor yang tidak sesuai aturan disita dan dibawa ke Mapolres Karanganyar.

Selain pelanggaran, beragam pula aksi caleg dalam mendekati calon pemilih. Seperti yang dilakukan Sunarto, caleg Partai Golkar untuk DPRD Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sang caleg tidak berpidato di podium atau panggung, tapi memilih menemui petani dan langsung turun ke sawah.

Sunarto tidak hanya berbicara tapi juga ikut berlumpur bersama petani. Ia mencabuti benih padi dan langsung menanamnya.

Belum diketahui apakah para petani merasa diperhatikan dan akan mencoblos sang caleg saat Pileg 9 April mendatang. Yang jelas mereka senang karena ada caleg yang masuk ke dalam sawahnya dan mengerjakan pekerjaannya.

Ada pula caleg yang ziarah ke kuburan dan minta doa dan restu kepada yang meninggal agar terpilih menjadi caleg. Itu yang dilakukan Mahardika Soekarno Putra, Caleg DPR dari Partai Nasdem.

Dengan ditemani kekasihnya, Jean Shalimar yang juga bintang sinetron, Mahardika berziarah ke makam Bung Karno yang juga kakeknya di Blitar, Jawa Timur. Selain berdoa untuk arwah presiden pertama RI ini, putra Rahmawati ini berharap berkah dan minta doa restu dari mendiang kakeknya agar terpilih menjadi anggota legislatif.
 
Beragam cara sudah dilakukan agar terpilih menjadi caleg. Mereka berharap calon pemilih akan mencoblos mereka pada 9 April mendatang. Dan calon pemilih sudah tentu paham siapa yang akan mereka pilih. (Rinaldo)

Baca juga: 

[VIDEO] Ragam Cara Unik Caleg Berkampanye

[VIDEO] Kampung Bebas Atribut Kampanye di Solo

Sasar Pasien HIV/AIDS dan Waria, Caleg Ini Tak Malu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.