Sukses

Tanda-tanda Jelang Deklarasi Jokowi for President

Semakin kencang beredar kabar Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo akan ditetapkan sebagai calon presiden RI dari PDIP. Apa tanggapan Jokowi?

Liputan6.com, Jakarta Joko Widodo alias Jokowi. Orang nomor 1 di Ibukota yang kini digadang-gadang menjadi calon presiden RI dari PDI Perjuangan. Nama Jokowi mulai mencuat saat menjadi Walikota Solo, Jawa Tengah. Sejumlah gebrakannya mulai dari merelokasi perkampungan kumuh hingga merintis mobil Esemka membuat Jokowi kemudian dilirik duduk di kursi Gubernur Jakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (14/3/2014), bersama Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok, Jokowi sukses mendulang suara di Pilgub DKI Jakarta.

Gaya blusukan Jokowi keliling Ibukota langsung menjadi tren. Gaya Jokowi ini ternyata menjadi magnet yang kuat di tengah hausnya rakyat mencari pempimpin baru. Terbukti di sejumlah survei kandidat calon Presiden RI, nama Jokowi selalu unggul dibanding kandidat lainnya.

Dari hasil survei Lembaga Klimatologi Politik (LKP) 24 Februari hingga 3 Maret lalu, Jokowi memiliki akseptabilitas yang paling unggul yaitu 74,9 mengalahkan Wiranto dan Prabowo yang hanya 73 dan 71.

Untuk elektabilitas personal, bahkan Jokowilah satu-satunya tokoh yang meraih nilai di atas 20 yaitu 22,7. Sisanya Wiranto, Prabowo dan Aburizal Bakrie hanya bisa meraih nilai di bawah 20. PDIP pun yang kini jadi tempat Jokowi bernaung meraih posisi pertama diikuti dengan Golkar, Hanura dan Gerindra.

Tak sekedar hasil survei, aksi Ketua Umum PDIP, Megawati yang kerap menggandeng Jokowi keliling kota juga dianggap sebagai sinyal kuat menjadikan gubernur bertubuh kurus ini duduk di kursi RI 1.

Saat kisruh mundurnya Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, Jokowi pun didapuk menemani Megawati ke Surabaya bertemu Risma. Bahkan Jokowi turut menemani Megawati berziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur.

Semalam, Kamis 13 Maret, sejumlah petinggi partai dengan lambang kepala banteng ini juga berkumpul di Kantor DPP PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Kabarnya pertemuan ini terkait rencana deklarasi Jokowi for President yang akan digelar sebelum pemilu legislatif 9 April mendatang. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

Jadi Capres PDIP, Jokowi: Saya Dapat Mandat Ibu Mega

Sambil Cium Merah Putih, Jokowi: Saya Siap Jadi Calon Presiden

Jokowi Nyapres, Ruhut: Ngaca Dong

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.